Inilah 11 Keutamaan Bulan Ramadhan

keutamaan bulan ramadhan

Inilah 11 Keutamaan Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan kini telah tiba kembali. Limpahan nikmat Allah SWT sangat terasa kita dapatkan. Di bulan yang selalu dinanti oleh seluruh umat Islam ini begitu banyak anugerah dan kemuliaan yang akan diberikan Allah SWT kepada hambanya yang beriman dan beramal sholeh. Nikmat dan Anugerah tersebut terbungkus dalam keutaman-keutaman bulan Ramadhan.

Mungkin ada diantara kita yang masih mempertanyakan tentang apa saja keutamaan bulan Ramadhan. Kenapa bulan ini selalu dinantikan, apa bedanya dengan bulan-bulan lainnya? Nah, untuk membantu sobat pembaca Alomuslim yang masih menyimpan pertanyaan tersebut. Mungkin konten artikel kali ini bermanfaat utnuk menambah wawasan anda terutama penulis sendiri.

Baca Juga : Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Kehidupan Manusia

Berikut ini adalah 11 Keutaman Bulan Ramadhan, yang telah kami dapatkan penjelasannya berdasarkan informasi dari Al-Qur’an, hadits, dan untaian hikmah para ulama’

11 Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Bulan dimana Al-Qur’an Diturunkan

keutamaan bulan ramadhan diturunkannya alquran

Peristiwa ini bisa kita dapatkan informasinya dari ayat-ayat al-Qur’an. Beberapa diantaranya seperti yang bisa kita baca dalam surat al-Baqoroh ayat 185. Allah berfirman, yang artinya : “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan al-Qur’an, sebagai petunjuk dan pembeda antara yang baik dan buruk (haq dan yang batil). (QS. AlBaqoroh:185)

Baca Juga : Keutamaan Membaca Alquran

Begitu juga seperti yang termaktub dalam kitabullah al-Qur’an surat Al-Qadr ayat pertama, yang artinya : “Sesungguhnya Kami sudah menurunkannya (al-Qur’an) di malam lailatul qadar. (QS. Al-Qadr:1)

Disebutkan kembali di surat ad-Dhukan ayat 3, yang artinya :”Sesunggunya Kami telah menurunkan (al-Qur’an) di malam yang diberkahi.” (QS. Ad-Dhukan : 3)

2. Keutamaan Bulan Ramadhan : Pintu Langit Terbuka dan Tertutupnya pintu Neraka

keutamaan bulan ramadhan diturunkannya Pintu Langit Terbuka dan Tertutupnya pintu Neraka

Sebagaimana sabda beliau Rasulullah SAW :

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب السماء و غلقت أبواب جهنم و سلسلت الشياطين

Bila telah tiba bulan Ramadhan, pintu-pintu di langit akan terbuka, pintu neraka tertutup, dan setan-setan dirantai.” (HR. Bukhari & Muslim)

3. Diampuni Dosa Para Hamba

keutamaan bulan ramadhan diampuni dosa

Salah satu keutaman bulan Ramadhan yang sangat penting bagi para umat adalah terbukanya pintu ampunan dari Allah Azza wa Jalla. Maka dari itulah mengapa ada istilah Ramadhan adalah syahrul maghrifoh, yang artinya bulan pengampunan. Di Bulan ini Allah SWT memberikan amnesti besar-besaran kepada hamba-hamba-Nya yang bertaqwa.

Sabda Rasulullah SAW :

من صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدم من ذنبه

Siapa yang menjalankan puasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, maka diampunilah dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari & Muslim)

Beliau juga mengungkapkan jika celaka seorang hamba yang pada bulan Ramadhan tidak mendapatkan ampunan dari Rabb-Nya. Beliau Rasulullah SAW bersabda : “Celakalah seseorang yang ia masuk bulan Ramadhan lalu melewatinya sedangkan dosanya belum dimaafkan (diampuni).” (HR. at-Thirmidzi & Ahmad)

5. Bulan Dilipat Gandakannya Semua Pahala

Diriwayatkan dalam sebuah hadits shahih oleh Imam al-Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW bersabda : “Pahalanya umrah di bulan Ramadhan sama seperti pahala ibadah haji.” Sedangkan Imam Muslim meriwayatkan, bahwa Easulullah SAW bersabda : “……….. sama seperti ibadah haji bersamaku.”

6. Bulan dimana terdapat sebuah malam yang lebih utama dari 1000 bulan

keutamaan bulan ramadhan malam 1000 bulan

Namanya adalah malam Lailatul Qadr atau yang berarti malam kemuliaan. Malam lailatur qadr disebutkan berada pada salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Malam tersebut adalah malam dimana barokah dan kemuliaan diturunkan dengan sangat besar. Bahkan disebutkan bahwa kebaikannya melebihi seribu bulan.

Allah SWT berfirman, yag artinya :

“ Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaanDan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu?Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulanPada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar “ ( Al Qadr : 1-5)

Rasulullah SAW bersabda :

Sesungguhnya bulan Ramadhan telah tiba pada kamu sekalian, di dalamnya ada sebuah malam yang baik melebihi seribu bulan, siapa yang tak mendapatkannya maka ia telah kehilangan sangat banyak kebaikan.”(Riwayat Ibnu Majah)

7. Syari’at untuk beriktikaf

Dari sahabat Anas bin Malik Ra, berkata ia : “Nabi SAW melakukan i’tikaf di sepuluh hari akhir bulan Ramadhan, hingga beliau telah tiada (wafat), lalu istri beliau beri’tikaf setelahnya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Baca Juga : I’tikaf Dan Hukum Melaksanakannya

8. Bulannya Ibadah dan Amal

Sabda Rasulullah SAW : “Siapa yang mendirikan shalat di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ummul Mukminin, Aisyah R.a berkata : “Rasulullah SAW biasanya saat masuk 10 hari Ramadhan yang terkahir, beliau bersungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam dengan ibadah, serta membangunkan istri-istrinya untuk ibadah.” (HR. Bukhari).

9. Bulan dimana diwajibkan puasa sebagai tiket surga

Di zaman Rasulullah SAW, hiduplah dua orang yang berasal dari bani Qudha’ah. Salah seorang dari keduanya meninggal dalam keadaan syahid. Lalu, satu tahun kemudian satunya lagi juga meninggal/wafat.

Salah seorang sahabat Rasulullah SAW yang bernama Thalhah bin Ubaidillah berkisah tentang mimpinya : “aku bermimpi melihat keadaan surga, kemudian aku melihat seseorang yang meninggal satu tahun kemudian itu masuk surga sebelum seorang lagi yang mati syahid, aku heran. Maka di pagi harinya aku memberitahukan kepada Rasulullah SAW, beliau lalu bersabda : 

Bukankah setelah itu (dalam jangka waktu setahun tersebut) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat?” (HR. Ahmad)

10. Bulan dimana do’a dikabulkan, berkah dan rahmat diturunkan

Rasulullah SAW bersabda : “telah tiba kepada kamu sekalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan………” (HR. an-Nasai)

Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka pintu-pintu rahmat dibuka, ditutup pintu-pintu neraka, dan setan dibelenggu.” (HR Bukhari & Muslim)

11. Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan Bagi Kesehatan

Rasulullah SAW bersabda :  “Bagi tiap-tiap sesuatu itu ada pembersihnya dan pembersih badan kasar (jasad) ialah puasa.” (HR. Ibnu Majah).

Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dan Ibnu suny : “Berpuasalah maka kamu akan sehat.”

Hikmah Mengetahui Keutamaan Bulan Ramadhan

Dengan mengetahui apa saja keutamaan yang telah Allah SWT berikan pada bulan Ramadhan untuk hamba-hambaNya tentu yang paling sederhana adalah akan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah, sebagaimana yang telah disyariatkan.

Inti dari keutaman bulan ramadhan adalah diperintahkannya kewajiban untuk berpuasa di bulan Ramadhan kepada para hamba Allah SWT. seperti firman-Nya di surat al-Baqoroh ayat 183 yang pasti sering kita dengar di ceramah-ceramah saat memasuki bulan suci Ramadhan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” (Qs.Al-baqoroh:183)

Cukup sekian ulasan kali ini sobat Alomuslim. Apapun yang tertulis semoga bisa bermanfaat bagi kehidupan kita selanjutnya. Jika ada sedikit maupun banyak kesalahan dalam artikel Keutamaan Bulan Ramadhan kali ini semoga bisa dimaafkan dan dimaklumi, karena keterbatasan ilmu dari penulis. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *