Inilah Keutamaan Dan Manfaat Menunaikan Zakat

manfaat menunaikan zakat

Inilah Keutamaan Dan Manfaat Menunaikan Zakat – Kesadaran kaum muslimin masih sangat kurang terhadap kewajiban menunaikan zakat. Kecintaan terhadap harta membuat sebagian kaum muslim merasa takut untuk kehilangan harta mereka. Akhirnya mereka menjadi orang yang bakhil dalam membelanjakan hartanya di jalan Allah. Padahal dibalik pensyari’atan zakat terdapat banyak keutamaan dan manfaat yang dapat dirasakan oleh mereka yang menunaikan dan msyarakat muslim pada umumnya.

Berikut Beberapa Keutamaan Dan Manfaat Menunaikan Zakat :

1. Menyempurnakan Keislaman dan Keimanan Seseorang

Zakat merupakan bagian dari rukun islam yang lima, sehingga bagi seseorang yang menunaikan zakat, maka dia telah menjaga kesempurnaan islamnya. Menunaikan zakat juga mampu mengangkat derajat seseorang menjadi hamba yang beriman, bahkan menjadi tanda dari kesempurnaannya iman seseorang. Rasulullah  bersabda :

“Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari no. 13, Muslim no. 45)

Baca Juga : Cara Meningkatkan Keimanan Seorang Muslim

Sebagaimana Anda tidak menginginkan sebuah kesulitan untuk diri Anda, demikian halnya dengan orang lain. Maka dengan meringankan kesusahan dari seorang muslim, tidaklah hal ini dilakukan melainkan karena sebuah cinta terhadap sesama muslim.

2. Memasukan Seseorang Ke Surga

manfaat menunaikan zakat memasukan orang ke surga

Rasulullah  bersabda :

“’Sesungguhnya di surga terdapat kamar yang luarnya dapat terlihat dari dalamnya dan dalamnya dapat terlihat dari luarnya’. Kemudian ada seorang badui berdiri lantas bertanya, ‘Kepada siapa (kamar tersebut) wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Bagi orang yang berkata baik, memberi makan (diantaranya lewat zakat, pen), rajin berpuasa, shalat karena Allah di malam hari di saat manusia sedang terlelap tidur.” (HR. At-Tirmidzi no. 1984)

3. Allah SWT Memelihara Dan Mengembangkan Harta Yang Dizakatkan

Rasulullah  bersabda :

“Barangsiapa bersedekah senilai biji kurma dari usaha yang baik (halal) –dan Allah tidak menerima kecuali yang baik- maka Allah menerimanya dengan tangan kanan-Nya, kemudian memeliharanya (harta sedekah tersebut) untuk pemiliknya, sebagaimana salah seorang dari kalian memelihara kuda kecilnya, sehingga menyerupai gunung.” (HR. Bukhari no. 1410, Muslim no. 1014)

4. Mendapatkan Naungan Allah SWT Pada Hari Kiamat

Rasulullah  bersabda :

“Tujuh golongan manusia yang akan Allah naungi (lindungi) di dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan selain naungan-Nya..-diantaranya adalah- dan seseorang yang bersedekah sesuatu dan menyembunyikannya, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya..” (HR. Bukhari no. 660, Muslim 1031, diringkas dari hadits yang panjang)

Dalam riwayat lain, Rasulullah  juga bersabda :

“Setiap orang akan berada di naungan amalan sedekahnya hingga ia mendapatkan keputusan di tengah-tengah manusia.” (HR. Ahmad 4/147)

5. Mensucikan Harta Dan Tidak Menguranginya Sedikitpun

manfaat menunaikan zakat mensucikan harta

Allah  berfirman :

خُذۡ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡ صَدَقَةٗ تُطَهِّرُهُمۡ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيۡهِمۡۖ  ١٠٣

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka yang dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.” (QS. At Taubah : 103)

Baca Juga : Harta Yang Wajib Dibayarkan Zakatnya

Rasulullah  bersabda:

“Sedekah tidak akan mengurangi harta..” (HR. Muslim no. 2588)

6. Mendatangkan Banyak Kebaikan

Rasulullah  bersabda :

“Tidaklah suatu kaum enggan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka, melainkan mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.” (HR. Ibnu Majah no. 4019)

Hujan merupakan sebuah rahmat yang Allah turunkan untuk manusia dan segala sesuatu yang ada di bumi. Sehingga menurut hadits tersebut, seseorang yang tidak mengeluarkan harta untuk dizakatkan maka terhalang baginya kebaikan.

7. Menghapuskan Dosa

Dalam hadits yang diriwayatkan dari sahabat Muadz bin Jabal radhiallahu anhu, menyebutkan bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda :

“..dan sedekah memadamkan (menghapus) dosa, sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi no. 609, An Nasa’i no. 11394, dan yang lainnya)

8. Zakat Meluruskan Akhlak Orang Yang Mengeluarkannya

Zakat mengangkat pelakunya dari kategori orang-orang yang kikir dan memasukkannya kedalam golongan orang-orang yang dermawan. Sesungguhnya harta merupakan sesuatu yang sangat dicintai oleh jiwa, dan sesuatu yang dicintai itu tidaklah dikeluarkan kecuali dengan mengharapkan yang semisal atau bahkan lebih dari yang dikeluarkan. Zakat akan menunjukkan benarnya keimanan seseorang. Oleh  karena itu orang yang menyedekahkan hartanya secara ikhlas dan tulus, dia akan merasakan kegembiraan dan kepuasan dalam dirinya.

9. Zakat Mencegah Munculnya Niat Buruk Orang Miskin

Zakat merupakan upaya untuk mengentaskan kemiskinan dalam komunitas dan mengurangi beban berat suatu negara. Dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat miskin, maka akan menghapus ketimpangan dan kecemburuan sosial di tengah-tengah masyarakat. Sehingga dampak luasnya adalah akan mengurangi berbagai kejahatan, seperti pencurian, perampokan atau pembunuhan bahkan perzinaan dengan alasan tekanan ekonomi.

10. Zakat Memajukan Bangsa

Zakat menjadi andil seorang muslim dalam melakukan kewajibannya memajukan negaranya dengan memberikan sesuatu pada saat dibutuhkan, seperti mendanai penyiapan tentara untuk mencegah serangan musuh, membangun sarana dan prasarana untuk dimanfaatkan umat dan mengurangi kemiskinan yang ada.

Baca Juga : Dosa Besar Tidak Membayar Zakat

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memasukkan kita kedalam golongan orang-orang yang senang untuk bersedekah. Allahumma aamiin.

Referensi :

  • Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)
  • rumahsyo Muhammad Abduh Tuasikal, MSc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *