Keutamaan Ibadah Umrah

Keutamaan Ibadah Umrah

Alomuslim.com – Umrah secara bahasa berarti berziarah, sementara dalam pengertian syariat berari menuju Ka’bah untuk ibadah, yaitu ibadah thawaf dan sa’i. Umrah merupakan salah satu ibadah dan bentuk pendekatan diri terbaik yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mengangkat derajat pelakunya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sangat menganjurkan kepada para sahabat dan juga umatnya untuk mengerjakan ibadah umrah.

Beberapa Keutamaan Ibadah Umrah

Adapun beberapa keutamaan ibadah umrah berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, diantaranya :

1. Umrah sebagai pelebur dosa

“Satu umrah ke umrah yang berikutnya adalah pelebur dosa (yang terdapat) diantara keduanya.” (HR. Bukhari 1773, Muslim 1349)

2. Umrah menghilangkan kefakiran

“Buatlah saling berdekatan antara haji dan umrah. Sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa, sebagaimana alat peniup tukang besi menghilangkan kotoran dari besi, emas dan perak.” (shahih. HR. at-Tirmidzi 807, An-Nasa’i 5/115)

3. Umrah setara dengan haji

“Umrah di bulan Ramadhan setara dengan haji bersamaku.” (HR. Bukhari 1782, Muslim 1256)

Demikianlah diantara beberapa keutamaan ibadah umrah. Maka bagi anda yang memiliki kesempatan untuk berumrah maka kerjakanlah, karena hal itu merupakan sunnah yang sangat ditekankan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengerjakannya, para sahabat juga mengerjakan umrah, baik semasa Rasulullah masih hidup maupun setelah beliau wafat.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Hukum Berhaji Dengan Uang Haram
Read More

Hukum Berhaji Dengan Uang Haram

Alomuslim.com – Permasalahan ini seringkali menjadi pertanyaan yang diajukan oleh sebagian kaum muslimin. Apakah boleh seseorang berhaji dengan uang…