keutamaan membaca alquran
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

5 Keutamaan Membaca Al-Quran

5 Keutamaan Membaca Al-Quran – Sebagai muslim kita sudah seharusnya rutin membaca Alquran, baik itu dilakukan tiap pagi, sore atau petang. Tidak hanya dibaca, Alquran juga harus dijadikan pedoman bagi kehidupan manusia. Lantas apa sih manfaat membaca Alquran?

Berikut ini adalah beberapa hal mengapa Alquran layak dibaca berulang kali dalam sehari.

1.  Sebagai Pemberi Syafaat atau Pertolongan

Diriwayatkan dari Abu Umamah, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bacalah Alquran, sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat bagi orang yang membacanya.”

2. Sebagai Saksi Di Hari Kiamat

Diriwayatkan dari Nawwas bin Sam’an, Rasulullah SAW bersabda: “Di hari kiamat nanti akan dihadirkan dua hal, Alquran dan pemilikinya, yakni orang yang mengamalkannya ketika di dunia. Di akhirat nanti surat al-Baqarah dan surat Ali Imran dihadirkan, keduanya akan menjadi saksi dan hujah bagi pemiliknya.”

3. Menjadi Sebaik-baik Manusia

Dari ‘Utsman bin ‘Affan, Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.”

4. Memiliki Kedudukan Seperti Malaikat atau Mendapatkan Dua Pahala

Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Orang yang membaca Alquran dan dia mahir membacanya, maka ia akan bersama dengan Malaikat yang menghitung amal baik (al-Safarah al-Kiram al-Bararah), dan barangsiapa yang membaca Alquran dengan susah payah, maka ia akan mendapatkan dua pahala.”

Beberapa ulama menafsirkannya sebagai kemampuan seseorang membaca Alquran secara tajwid dan kemampuan mereka dalam menghafalnya. Adapun orang yang kesusahan dalam membacanya mendapatkan dua pahala, pertama adalah pahala membaca atau menghafalkannya, dan kedua adalah pahala karena susahnya dalam membaca.

5. Diumpamakan Seperti Seorang Muslim Yang Memiliki Aroma Yang Harum.

Diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy’ari, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Perumpamaan seorang mukmin yang membaca Alquran sebagaimana buah jeruk, baunya harum dan rasanya juga enak. Adapun perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Alquran seperti halnya buah kurma, baunya tidak harum namun rasanya manis.

Sedangkan orang munafik yang membaca Alquran ibarat raihanah, yang harum baunya namun pahit rasanya. Dan yang terakhir orang munafik yang membaca Alquran ibarat handhalah (seperti buah pare), tidak memiliki aroma dan rasanya juga pahit.”

Itulah beberapa keutamaan orang yang membaca Alquran disarikan dari kitab Risyadhus Shalihin karya Imam Abu Zakariya al-Nawawi, semoga kita senantiasa termasuk orang-orang beriman yang selalu membaca dan menjaga Alquran.

Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *