Keutamaan Puasa Tiga Hari Setiap Bulan
DASAR ISLAM, PUASA

Keutamaan Puasa Tiga Hari Setiap Bulan

Alomuslim.com – Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kepada para sahabat dan juga umatnya untuk mengerjakan puasa sebanyak tiga hari setiap bulan. Puasa tiga hari ini dikenal dengan sebutan ayyamul baidh (hari-hari putih) yang dikerjakan setiap tanggal 13, 14 dan 15 bulan Hijriyah (bukan tanggalan masehi).

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“..hari-hari putih (ayyamul baidh) yaitu hari ketiga belas, empat belas dan lima belas.” (shahih. HR. An-Nasa’i 2419, Abu Ya’la 7504, Ath-Thabrani 2/2499)

Diantara sahabat yang pernah diwasiatkan untuk mengerjakan puasa tiga hari setiap bulan adalah Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Dia menyebutkan,

“Kekasihku shallallahu alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara ; agar aku berpuasa tiga hari pada setiap bulan, melakukan dua rakaat shalat dhuha dan shalat witr sebelum tidur.” (HR. Bukhari 1981, Muslim 721)

Keutamaan dari mengerjakan puasa tiga hari setiap bulan adalah seperti puasa selama satu tahun. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda kepadanya,

“Dan berpuasalah tiga hari pada setiap bulan, sesungguhnya kebaikan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali lipat, ia menyerupai puasa dhar (puasa setahun).”

Seandainya kaum muslimin mau memperhatikan keutamaan puasa ayyamul baidh ini, niscaya mereka akan memperoleh keutamaan sangat besar. Bayangkan, balasannya adalah seperti berpuasa sebulan penuh, dan kalau sanggup mengerjakan setiap bulan maka balasannya setara dengan puasa setahun penuh. Sungguh perniagaan dengan Allah, adalah sesuatu yang sangat menguntungkan.

Semoga Allah berikan kekuatan pada kaum muslimin untuk menunaikan puasa tiga hari setiap bulan ini. Allahummaa aamiin.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *