Kewajiban Anak Berbuat Baik Kepada Sahabat Orangtuanya

Kewajiban Anak Berbuat Baik

Alomuslim.com – Seorang anak wajib berbakti kepada kedua orangtuanya, sebagaimana perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam firman-Nya :

“Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orangtua..” (QS. An-Nisa : 1)

Dalam ayat yang lain Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman :

“Dan Kami wajibkan kepada manusia (agar berbuat) kebaikan kepada kedua orangtuanya.” (QS. Al-Ankabut : 8)

Wujud dari berbakti kepada orangtua tidak hanya dalam bentuk perlakuan baik seorang anak kepada keduanya, tetapi juga dengan berbuat baik kepada orang-orang yang menjadi sahabat keduanya. Seorang anak dapat menunjukkan sebuah penghormatan serta memuliakan orang-orang yang menjadi sahabat kedua orangtuanya. Sungguh, yang seperti itu merupakan kebajikan yang paling baik

Diceritakan dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa seorang laki-laki Arab pedalaman bertemu dengannya di sebuah jalan menuju Mekah. Abdullah bin Umar mengucapkan salam kepadanya lalu mempersilahkannya mengendarai keledai yang dia kendarai dan memberinya surban yang ada di kepalanya. Ibnu Dinar berkata, ‘Semoga Allah memperbaiki Anda. Sesungguhnya mereka itu orang Arab pedalaman, dan mereka sudah puas dengan pemberian yang sedikit’.”

Abdullah bin Umar menjawab, “Sesungguhnya ayah orang ini adalah sahabat karib (ayahku) Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, dan saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya kebajikan yang terbaik adalah seseorang menyambung hubungan baik dengan keluarga sahabat karib ayahnya’.” (HR. Muslim, Imam An Nawawi Riyadhus Shalihin no. 346)

Maka sebagai seorang anak wajib untuk menjaga hubungan dengan sahabat kedua orangtuanya, berbuat baik kepadanya dan juga keluarganya serta memuliakannya. Karena yang demikian merupakan kebajikan yang paling baik dan juga bentuk bakti seorang anak kepada orangtuanya.

Referensi : Riyadhus Shalihin, Imam An Nawawi (Darul Haq : 2017)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
hikmah makan sahur
Read More

Hikmah Makan Sahur

Hikmah Makan Sahur – Sahur termasuk dalam perkara-perkara yang disunahkan ketika berpuasa.  Sesungguhnya makan sahur merupakan perihal yang telah…