Khalifah Umar Bin Abdul Aziz Dan Kesederhanaanya – Alomuslim

Khalifah Umar Bin Abdul Aziz Dan Kesederhanaanya

khalifah umar bin abdul aziz

Khalifah Umar Bin Abdul Aziz Dan Kesederhanaanya – Khalifah Umar bin Abdul Aziz adalah seorang khalifah dari bani umayah beliau adalah pengganti khalifah Sulaiman bin Abdul Malik.Kebijakannya dan kesederhanaan hidupnya pun tak kalah dengan 4 khalifah pertama itu.

Gajinya selama menjadi khalifah hanya 2 dirham perhari atau 60 dirham perbulan. Karena itu banyak ahli sejarah menjuluki ia dengan Khulafaur Rasyidin ke-5. Khalifah Umar ini hanya memerintah selama tiga tahun kurang sedikit.

Umar bin Abdul Aziz terkenal karena sifatnya yang tawadhu dan hidupnya yang sangat sederhana, ada beberapa kisah tentang sifat tawadhu dan kesederhanaannya dan berikut ini adalah salah satunya.

Suatu hari, Umar bin Abdul Aziz sedang berkhutbah, orang orang sangat antusias mendengarkan khutbah dari khalifah yang sederhana itu. Ketika memberikan khutbah, Umar bin Abdul Aziz berdiri diatas mimbar sementara jamaahnya berada dibawahnya.

Mereka merasa ada yang aneh pada khutbah Umar bin Abdul Aziz kali ini. Mereka bertanya tanya dan saling memandang. Beberapa kali Umar bin Abdul Aziz mengibas ibaskan jubahnya.

Ketika khutbah selesai dan umar turun dari mimbar, mereka pun memghampiri umar dan menanyakan keanehan yang mereka lihat tadi. “Wahai Khalifah Umar, mengapa engkau mengibas ibaskan jubahmu saat berkhutbah tadi?” tanya salah seorang dari mereka

Dan jawaban dari pertanyaan itu sangat diluar dugaan mereka. “Aku hanya memiliki satu jubah, dan jubah ini baru saja selesai dicuci. Jadi aku mengibas ibaskannya supaya jubah ini cepat kering”.

Mereka sangat terharu mendengar jawaban Umar bin Abdul Aziz. Mereka tidak menyangka bahwa khalifah yang memimpin mereka hidup dengan sangat sederhana.

Karena kesederhanaannya ini lah membuat Umar bin Abdul Aziz semakin dicintai oleh rakyat yang beliau pimpin.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *