Kisah Segolongan Jin Yang Beriman Kepada Rasulullah

Kisah Segolongan Jin Yang Beriman Kepada Rasulullah

Alomuslim.com – Setelah mengalami kegetiran karena mendapati penolakan dan perlakuan yang buruk oleh penduduk Thaif, Allah memberikan pertolongan dengan mengutus malaikat Jibril bersama malaikat penjaga gunung. Kedua malaikat tersebut diperintahkan oleh Allah untuk melakukan apapun yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Bahkan siap untuk menimpakan dua gunung kepada para penduduk Thaif.

Tapi Rasulullah menolaknya, dan malah mendoakan kebaikan bagi para penduduk Thaif. Karena Rasulullah masih berharap akan ada orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya diantara anak atau cucu para penduduk Thaif suatu saat nanti. Setelah kejadian tersebut hati Rasulullah menjadi lebih tentram.

Kemudian beliau meneruskan perjalanan, hingga sampai ke lembah Nakhlah dan berdiam di sana selama beberapa hari. Di lembah itu terdapat dua tempat yang sangat cocok untuk didiami karena memiliki sumber air dan subur. Kedua tempat itu adalah as-Sayl al-Kabir dan az-Zimah. Wallahu a’lam, dimana tepatnya letak geografis kedua tempat ini pada hari ini. Ketika Rasulullah berdiam di tempat tersebut, kemudian Allah mengutus kepada beliau segolongan jin, yang kisahnya diceritakan dan diabadikan di dalam Al Qur’an pada potongan surat Al Ahqaf.

Allah berfirman :

“Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan al-Qur’an, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan(nya) lalu mereka berkata, ‘Diamlah kamu (untuk mendengarkannya).’ Ketika pembacaan telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan. Mereka berkata, ‘Hai kaum kami,

sesungguhnya kami telah mendengar kitab (al-Qur’an) yang telah diturunkan sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus. Hai kaum kami, terimalah (seruan) orang yang menyeru kepada Allah dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa kamu dan melepaskan kamu dari azab yang pedih.” (QS. Al Ahqaf : 29-31)

Ketika itu Rasulullah tidak mengetahui keberadaan segolongan jin tersebut, saat mereka hadir dan mendengarkan bacaan al-Qur’an yang dibacakan oleh beliau. Rasulullah baru mengetahuinya ketika Allah memberitahukan kepadanya dengan perantara ayat-ayat tersebut. Kehadiran bangsa jin ini adalah untuk yang pertama kalinya.

Setelah mendengarkan bacaan Qur’an tersebut, segolongan jin itu beriman kepada Rasulullah dan kemudian mereka pergi untuk menyampaikan berita tentang kebenaran Al Qur’an kepada segolongan mereka yang lainnya. Berimannya segolongan jin ini merupakan pertolongan dari Allah untuk menghibur hati Rasulullah yang mengalami kesedihan bertubi-tubi.

Dengan berimannya segolongan jin ini membuat Rasulullah kembali bersemangat untuk kembali ke Mekah dan berdakwah, melanjutkan berbagai usahanya untuk menyampaikan Risalah Allah dengan semangat keseriusan, lebih tabah dan tidak mudah menyerah.

Referensi : Sirah Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasul Yang Agung, Syaikh Shafiyyurahman al-Mubarakfuri (Darul Haq : 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *