Larangan memakai cincin emas bagi laki-laki
DASAR ISLAM, PAKAIAN

Larangan Memakai Cincin Emas Bagi Laki-Laki

Alomuslim.com – Bagi lelaki yang sudah menikah, sebagian besar diantaranya nampak terselip sebuah cincin emas diantara jari-jemari mereka. Mereka menggunakannya sebagai sebuah tanda bahwa dirinya telah menikah atau berkeluarga. Hal yang seperti ini sudah umum dilakukan oleh para lelaki dimasa sekarang. Baik lelaki tersebut dari golongan diluar Islam, juga banyak diantaranya yang beragama Islam.

Khususnya bagi yang muslim, apakah sesungguhnya mereka mengetahui hukum memakai perhiasan cincin yang terbuat dari emas? Harus diketahui bahwa hukum memakai perhiasan cincin emas bagi lelaki adalah haram. Sehingga sangat disayangkan apabila diantara mereka banyak yang belum mengetahui hukumnya, terlebih lagi amat disayangkan bagi mereka yang sudah mengetahui tetapi tetap memakai cincin emas dan mengabaikan hukum larangannya.

[irp posts=”2783″ name=”Pakaian Terbaik Untuk Shalat Bagi Laki-laki”]

Beberapa dalil yang dapat dijadikan pegangan dalam perkara ini adalah :

1. Diriwayatkan dari Umar radhiallahu ‘anhu

dia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah membuat cincin emas, dan ketika memakainya meletakkan bagian matanya di bagian dalam telapak tangannya, maka orang-orang juga membuat cincin emas. Kemudian Rasulullah duduk diatas mimbar dan meninggalkan cincinnya sambil bersabda, ‘Sungguh aku telah memakai cincin ini dan aku letakkan matanya di perut tapak tangan.’ Lalu beliau membuang cincin itu sambil berkata, ‘Demi Allah, aku tidak akan memakainya lagi untuk selama-lamanya.’ Maka orang-orangpun membuang cincin mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Diriwatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu

dia berkata, Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang memakai cincin emas.(HR. Bukhari)

[irp posts=”2107″ name=”Jangan Berlebihan Dalam Berpakaian”]

3. Nabi shallallahu alaihi wa sallam

pernah melihat sebuah cincin emas di tangan seorang lelaki, lalu beliau melepaskan cincin itu dan mencampakkannya, seraya bersabda, Salah seorang diantara kalian sengaja mengambil bara api neraka dan meletakkannya ditangannya.” Setelah itu Rasulullah-pun pergi. Para sahabat berkata kepada lelaki tersebut, ‘Ambillah cincinmu itu dan manfaatkanlah.’ Lelaki itu menjawab, ‘Tidak, demi Allah, aku tidak akan mengambilnya setelah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mencapakkannya’.” (HR. Muslim)

4. Diriwayatkan dari Abu Umamah radhiallahu ‘anhu

bahwa Nabi ﷺ pernah bersabda, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, maka janganlah ia mengenakan sutera dan (memakai perhiasan) emas.” (HR. Ahmad, Al Hakim dan Ath Thabrani)

Masih ada beberapa riwayat yang serupa, yang menyebutkan perihal memakai cincin bagi seorang laki-laki. Maka berdasarkan keterangan dari beberapa hadits diatas, didapatkan sebuah hukum memakain cincin emas bagi lelaki adalah haram. Tetapi hukum haram tidak berlaku bagi kaum wanita, karena kaum wanita diperbolehkan untuk memakai cincin emas.

Boleh memakai cincin yang terbuat dari perak 

Namun, apabila memang diantara para lelaki muslim yang ingin tetap memakai cincin, ia dapat memakai cincin yang terbuat dari perak sebagai pengganti cincin emasnya. Hal ini disandarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu, dia berkata, “Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah membuat cincin perak. Di cincin itu terdapat ukiran ‘Muhammad Rasulullah’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga bagi para lelaki kaum muslimin, setelah mengetahui hukum dalam perkara ini mau meninggalkan perilaku mereka dan mendahulukan ketaan kepada hukum syariat.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 3, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *