Larangan Menggunakan Jimat
DASAR ISLAM, KEIMANAN

Larangan Menggunakan Jimat

Alomuslim.com – Jimat dengan berbagai model dan penggunaannya, yang bertujuan untuk menolak musibah, mendatangkan pelanggan, membuat kebal senjata, atau menambah keberuntungan dan yang sebagainya, maka ia termasuk perbuatan haram dan tergolong kesyirikan.

Jimat terkadang digunakan dengan cara dikalungkan di leher atau bagian tubuh lainnya atau bisa juga dengan ditempel di dinding-dinding rumah atau toko.

Jimat terbagi menjadi dua macam :

Pertama : Tidak bersumber dari Al Qur’an.

Untuk jenis yang pertama ini, jelas dilarang oleh syariat Islam. Jika yang menggunakan percaya jimatnya dapat memberikan manfaat dan mudharat, maka dia telah Musyrik dengan tingkat syirik besar. Tetapi jika dia percaya bahwa jimat hanya menyertai datangnya manfaat dan mudharat, maka dia terjatuh dalam perbuatan syirik kecil.

Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu, ia berkata :

“Aku telah mendengar Rasulullahu shallallahu alaihi was sallam bersabda, ‘Sesungguhnya jampi, jimat dan tiwalah adalah syirik’.” (shahih. HR. Abu Dawud no. 3883, Ibnu Majah no. 3530, Ahmad I/381 dan al-Hakim IV/417-418)

Kedua : Bersuber dari Al Qur’an.

Dalam hal ini, ulama berbeda pendapat, yaitu ada sebagian yang membolehkan namun sebagian yang lain mengharamkannya. Tetapi pendapat paling kuat adalah yang menyatakan sebagai perbuatan syirik dan tidak membedakan apakah jimat tersebut berasal dari Al Qur’an atau bukan.

Hal ini untuk menutup peluang menjadikan Al Qur’an sebagai jimat, karena jimat merupakan perbuatan haram, sehingga sarana yang dapat mengantarkan kepada perbuatan haram mempunyai hukum haram yang sama dengan perbuatan haram tersebut. Sementara itu sahabat, Ibnu Mas’ud mengharamkan jimat secara kesuluruhan, baik dari Al Qur’an apalagi bukan berasal dari Al Qur’an.

Wallahu a’lam.

Referensi : Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *