makanan dan minuman penghuni neraka
DASAR ISLAM, MAKANAN

Inilah Makanan Dan Minuman Penghuni Neraka

Alomuslim.com – Makanan Dan Minuman Penghuni Neraka Pernahkah anda membayangkan kondisi di Neraka? Sungguh, Neraka merupakan gambaran dari siksaan yang tiada berperi. Ia merupakan puncak dari segala kesakitan. Apinya lebih panas 70 bagian dari api yang ada di dunia. Warnanya hitam, seperti gelapnya malam. Bara apinya apabila diletakkan pada telapak kaki, maka mampu membuat otak mendidih.

Mendengar segala kengerian yang akan terjadi terhadap penduduk Neraka, memunculkan pertanyaan, apakah peghuni Neraka makan dan minum? Ya, ternyata penghuni Neraka juga disediakan makan dan minum, tetapi tetap dari jenis yang sangat menyakitkan Berikut beberapa makanan dan minuman penghuni neraka berdasarkan dalil-dalil shahih dari Al Qur’an dan Hadits Rasulullah

1. Makan Dan Minum Nanah

Penghuni Neraka akan diberikan makanan dan juga minuman dari darah dan nanah diantara mereka. Allah berfirman :

“..dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya..” (QS. Ibrahim : 16-17)

Dalam ayat yang lain Allah juga berfirman :

“Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini disini. Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali darah dan nanah.” (QS. Al Haqqah : 35-36)

Sementara dari hadits yang diriwayatkan oleh Asma’ binti Yazid radhiallahu ‘anha, menuturkan sabda Rasulullah  :

“Barangsiapa yang minum khamr, maka Allah tidak ridha kepadanya selama 40 malam. Jika ia mati, maka ia mati dalam keadaan kafir. Jika ia mengulangi perbuatannya, maka Allah pasti akan meminumkannya dengan thinatul khabal.” Ditanyakan, ‘Apakah thinatul khabal itu?’ beliau menjawab, ‘Nanah ahli neraka.’ (HR. Ahmad, Hadits Hasan)

2. Minum Dari Air Seperti Besi Yang Mendidih

Penghuni neraka akan diberikan minum dari cairan besi yang sangat panas yang dapat menghanguskan wajah-wajah mereka. Allah berfirman mengenai hal tersebut :

“..dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat paling jelek.” (QS. Al Kahfi : 29)

3. Minum Air Yang Sangat Panas

Air yang sangat panas akan diberikan kepada para penghuni Neraka, yang dengannya apabila diminum akan menembus perutnya sampai memotong segala sesuatu yang ada dalam perutnya. Allah berfirman :

“Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman dari air yang panas dan adzab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.” (QS. Yunus : 4)

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu juga pernah meriwayatkan sebuah hadits dari Rasulullah  yang menerangkan hal tersebut.

“Air panas benar-benar dituangkan diatas kepala mereka, lalu air panas itu menembus hingga ke perutnya, lalu memotong-motong segala (sesuatu) yag ada dalam perutnya, hingga keluar dari kedua telapak kakinya, dalam keadaan ia menjadi lebur, kemudian dikembalikan seperti sediakala.” (HR. At Tirmidzi 4/106)

4. Makan Dari Pohon Zaqqum

Sementara makanan yang disediakan bagi penduduk Neraka adalah pohon Zaqqum, yaitu sejenis pohon yang penuh dengan duri. Allah  berfirman :

“Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas.” (QS. AD Dukhan : 43-46)

Dalam surat yang lain, Allah juga menjelaskan mengenai makanan penghuni Neraka :

“Mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri.” (QS. Al Ghasyiyah : 6)

Sementara Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu menuturkan sabda Nabi  :

“Seandainya setetes zaqqum diteteskan di negeri dunia, niscaya ia akan merusak penghidupan penduduk dunia ; lalu bagaimana halnya dengan orang yang makanannya adalah zaqqum?!” (HR. At Tirmidzi 4/107)

Itulah beberapa makanan dan minuman yang disediakan bagi penghuni Neraka. Naudzubilla tsumma naudzubillah. Semoga Allah jauhkan umat muslim dari siksa api Neraka. Allahumma aamiin.

Referensi : Rasulullah Berkisah Tentang Surga dan Neraka, Wahid bin Abdussalam Bali (Pustaka at-Tazkia : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *