makanan yang sangat disukai rasulullah
DASAR ISLAM, MAKANAN

Makanan Yang Sangat Disukai Rasulullah

Alomuslim.com – Makanan Yang Sangat Disukai Rasulullah Semasa hidup Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, seringkali berada dalam kondisi lapar. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah pernah tidur dalam keadaan perut yang kosong selama beberapa malam. Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu, ia berkata :

“Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah tidur beberapa malam secara berturut-turut dalam keadaan perut kosong dan keluarganya tidak mendapati makan malam. Dan roti mereka yang paling banyak adalah roti dari sya’ir (jelai gandum).” (HR. At Tirmidzi no. 2360, Ibnu Majah no. 3347)

Sementara dalam riwayat yang lain, ummul mukminin ‘Aisyah pernah berkata, ‘Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam tidak pernah kenyang makan roti dari sya’ir selama dua hari berturut-turut hingga beliau wafat.” (HR. Muslim 22/2970)

Baca Juga : Minuman Yang Disukai Rasulullah Semasa Hidup

Sungguh sangat bertolak belakang kehidupan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dengan yang di alami sebagian besar umat muslim. Bayangkan dengan kondisi kita hari ini, yang bahkan bisa makan lebih dari dua kali dalam sehari. Sebagian besar diantara kita bisa membeli makanan apapun yang disukai, dan kemudian memakannya sebanyak yang kita kehendaki. Dari Nu’man bin Basyir radhiallahu anhu ketika menasihati umat muslim, ia pernah berkata :

“Bukankah kalian makan dan minum sekehendak kalian? Sungguh, aku melihat Nabi kalian dan beliau tidak mendapati kurma kualitas rendah sekalipun untuk mengganjal perutnya.” (HR. Muslim no. 2977)

Jenis Makanan Yang Sangat Disukai Rasulullah

Meskipun Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam sering dalam keadaan lapar, tetapi sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang sangat disukai oleh Rasulullah selama beliau hidup, diantaranya :

1. Cuka

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Lauk yang paling nikmat adalah cuka.” (HR. Muslim n0. 166-169/2052, At Tirmidzi no. 1842)

Sementara dalam riwayat Ummu Hani’ radhiallahu anha, ia berkata, Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam masuk menemuiku lalu bersabda ;
“Apakah engkau memiliki sesuatu?” aku menjawab, ‘Tidak, kecuali hanya roti kering dan cuka.’ Maka beliaupun bersabda, ‘Rumah tidak dikatakan kosong dari lauk pauk selama masih ada cuka’.” (HR. At Tirmidzi no. 1841, Ath Thabrani no. 1068)

2. Minyak Zaitun

makanan yang sangat disukai rasulullah minyak zaitun
Gambar Minyak Zaitun

Umar bin Khathab pernah menyampaikan hadits dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, :

“Makanlah minyak zaitun dan gunakan ia sebagai minyak rambut. Karena minyak itu berasal dari pohon yang penuh dengan berkah.” (HR. At Tirmidzi no. 1852, Al Hakim no. 3504 dan yang lainnya)

3. Labu

Dari Anas bin Malik radhillahu anhu ia berkata, ‘Rasulullah sangat menyukai labu. Suatu hari beliau diajak makan atau diundang makan. Maka aku mengikuti beliau. Aku sengaja meletakkan potongan labu dihadapan beliau karena beliau amat menyukainya.’ (HR. Ahmad no. 12834, Abu Ya’la no. 3006, An Nasa’ii no. 6664)

4. Manisan dan Madu

makanan yang sangat disukai rasulullah madu
Gambar Madu

Dari ‘Aisyah radhiallahu anha, ia berkata, ‘Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam menyukai manisan dan madu.’ (HR. Bukhari no. 5431, Muslim 21/1474)

5. Bagian Lengan Daging

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, ia pernah menceritakan, ‘Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah disuguhi daging. Lalu beliau mengambil bagian dzira’nya (lengan). Bagian itu sangat beliau sukai, lalu beliau menggigitnya.’ (HR. Bukhari no. 3340, Muslim no. 194)

6. Bubur Gandum

makanan yang sangat disukai rasulullah bubur gandum
Gambar Bubur Gandum

Pernah suatu kali Hasan bin Ali, Ibnu Abbas dan Ibnu Ja’far mendatangi Salma radhiallahu anhumma seraya berkata, ‘Buatkanlah kami makanan yang disukai Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan beliau menikmati ketika memakannya.’ Kemudian Salma berkata kepada mereka, ‘Wahai anak-anakku, kini kalian tidak akan menyukainya.’ Mereka berkata, ‘Benar, tetapi buatkan kami makanan.’

Kemudian Salma berdiri dan mengambil gandum, lalu dimasak den diolah dalam periuk, lalu dikucuri dengan sedikit minyak, dan dibubuhi dengan lada dan ketumbar. Kemudian makanan itu disuguhkan kepada mereka sembari berkata, ‘Inilah diantara makanan yang disukai Rasulullah dan beliau menikmati ketika memakannya.’ (HR. Ath Thabrani 10/326)

Demikianlah beberapa jenis makanan yang disukai oleh Rasulullah semasa beliau hidup.

Wallahu Ta’ala ‘Alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *