Makanlah Yang Halal Lagi Baik

makanlah yang halal lagi baik

Makanlah Yang Halal Lagi Baik – Pada dasarnya, hukum bagi semua makanan adalah halal, sebagaimana firman Allah ﷻ “: “Dialah Allah, yang menjadikan segala sesuatu yang ada di bumi untuk kamu.” (QS. Al Baqarah : 29)

Berdasarkan keterangan nash dari Al Qur’an tersebut, tidak ada makanan yang haram kecuali yang diharamkan oleh dalil-dalil  dari Al Qur’an dan As Sunnah dan qiyas yang shahih. Seorang muslim sangat memperhatikan setiap apa-apa yang masuk kedalam tubuhnya, dia tidak akan membiarkan sesuatu yang haram masuk kedalam tubuhnya.

Seorang muslim memiliki prinsip hanya mengambil yang halal lagi baik untuk ia makan, karena seorang muslim hidup berdasarkan panduan syariat yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah ﷻ :

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu.” (QS. Al Baqarah : 172)

Makanan yang dikatakan halal tidak hanya berdasarkan dzatnya, baik itu seperti tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, daging hewan, sayuran atau segala yang dimakan manusia, tetapi juga harus berdasarkan sumber memperolehnya. Misalkan, makanan yang diperoleh bukan dengan cara-cara yang dibenarkan syariat, secara dzatnya, makanan tersebut dikatakan halal tetapi secara proses ia haram, maka hukum memakan makanan tersebut menjadi haram, sebagaimana firman Allah ﷻ :

 “Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil.” (QS. Al Baqarah : 188)

Halal saja ternyata tidaklah cukup, makanan tersebut juga harus mengandung sesuatu yang baik. Karena memakan yang halal tetapi tidak baik, atau tidak bergizi justru akan berdampak pada kesehatan. Seorang muslim harus merawat tubuhnya, karena dengan tubuh yang sehat ia akan dapat banyak melakukan ibadah dan kebaikan. Merawat tubuh juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah ﷻ, karena tubuh ini hanyalah ‘titipan’ maka selayaknya harus dijaga dan dirawat.

Mari kita jaga dan rawat tubuh kita, dengan hanya memakan yang halal lagi baik.

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *