Manfaat Mengerjakan Shalat

manfaat mengerjakan shalat

Manfaat Mengerjakan Shalat – Sebagai seorang muslim tentu saja kita harus menjalankan shalat lima waktu. Tapi apakah kita tahu manfaat shalat di samping shalat adalah kewajiban agama? Berikut adalah beberapa manfaat shalat berdasarkan hadis-hadis Nabi Saw.

1. Orang Yang Mengerjakan Solat Lima Waktu Ibarat Orang Yang Mandi Lima Kali Sehari

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw pernah bersabda:

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِي مِنْ دَرَنِهِ ؟ قَالُوا : لاَ يُبْقِي مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا قَالَ فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا.

Rasulullah Saw bersabda: “Bagaimana pendapat kalian seandainya di depan pintu salah satu dari kalian mengalir sungai, lalu ia mandi dari air sungai tersebut lima kali sehari, apakah di tubuhnya masih tersisa kotoran? “Tidak.” Jawab sahabat. Rasulullah Saw bersabda, “Maka, demikianlah perumpamaan shalat lima waktu. Dengannya Allah menghapus semua kesalahan (dalam hal ini adalah dosa-dosa kecil yang berhubungan dengan Allah).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ibn Rajab dalam Fathul Bari menyebut bahwa dosa-dosa yang akan diampuni oleh Allah dalam hal ini adalah dosa-dosa kecil, sebab dosa besar dibutuhkan proses tobat disamping mengerjakan shalat. Ini adalah pendapat jumhur ulama. Pada dasarnya hadis ini umum, menyebutkan segala macam bentuk kesalahan, namun dikhususkan dengan hadis lain, yakni hadis muslim pada poin berikutnya.

2. Akan Diampuni Dosa-Dosa Kecilnya

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw pernah bersabda:

الصَّلاَةُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ مَا لَمْ تُغْشَ الْكَبَائِرُ.

“Shalat lima waktu dan satu jumat ke jumat yang lain adalah kafarat (penghapus dosa) di antara dua jumat tersebut selama dosa besar tidak dikerjakan.” (HR. Muslim).

3. Jaminan Masuk Surga

Diriwayatkan dari Abu Bakar dari Ayahnya, Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Barangsiapa yang mengerjakan dua shalat di waktu dingin (shalat subuh dan ashar) maka ia masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis ini mengisyaratkan bahwa kunci surga adalah dengan mengerjakan shalat dibarengi dengan keimanan, oleh sebab itu barangsiapa yang tidak mengerjakan shalat maka dia bukanlah orang yang akan masuk ke dalam surga, akan tetapi ia adalah penghuni neraka. Demikian pendapat Ibn Rajab dalam Fathul Bari, syarah dari Shahih Bukhari.

Demikian sekelumit informasi dari manfaat mengerjakan shalat, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

 Wallahu a’lam.

Sumber: Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Fathul Bari, Riyadh al-Shalihin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *