Seperti Apakah Manusia Akhir Zaman? – Alomuslim

Seperti Apakah Manusia Akhir Zaman?

manusia akhir zaman

Alomuslim.com – Akhir zaman digambarkan sebagai keadaan yang penuh dengan fitnah, keburukan dan kekacauan. Sementara manusia yang hidup di akhir zaman secara garis besar digambarkan sebagian besarnya adalah orang-orang yang lalai dalam beribadah, bodoh dalam ilmu agama serta senang memperturutkan hawa nafsunya.

Salah satu hal yang sangat dikhawatirkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam akan menimpa umatnya diakhir zaman adalah munculnya imam-imam yang menyesatkan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Sungguh bukan Dajjal yang lebih kutakutkan atas umatku.” Beliau mengucapkannya 3 kali. Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu berkata. ‘Aku bertanya, Wahai Rasulullah, siapakah yang bukan Dajjal yang lebih engkau takutkan terhadap umatmu itu?’ Beliau menjawab, ‘Imam-imam yang menyesatkan’.” (HR. Ahmad)

Imam-imam inilah yang akan menggiring umat manusia menjauh dari ketaatan kepada hukum syariat, menyebabkan merjalalelanya berbagai kemaksiatan ditengah-tengah umat, rusaknya semua perkara-perkara agama dan menyebabkan manusia keluar dari agama Allah. Mereka mengeluarkan fatwa yang menyesatkan umat dengan menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal, sesuai dengan kehendak hatinya dan kepentingan dunia.

Keadaan Manusia Akhir Zaman

keadaan manusia akhir zaman

Sungguh akhir zaman akan dipenuhi dengan fitnah yang sangat berat. Fitnah demi fitnah akan menimpa manusia sebagai ujian keimanan. Diantara fitnah tersebut yang terbesar yang akan menimpa umat manusia di akhir zaman ada dua macam yakni :

1. Fitnah Syubhat

Fitnah syubhat, merupakan pengaruh-pengaruh buruk yang akan menyebabkan seseorang keluar dari agamanya. Fitnah syubhat ini akan disebarkan oleh imam-imam dan juga orang-orang yang dianggap shalih namun sejatinya mereka sesat dan menyesatkan. Mereka akan menyebarkan berbagai pemahaman sehingga menyebabkan manusia keluar dari agama Allah. Sehingga di akhir zaman akan banyak bermunculan sekte-sekte sesat dan juga gelombang kemurtadan yang besar.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Sesunguhnya menjelang hari Kiamat terjadi banyak fitnah seperti potongan malam yang gelap. Seseorang memasuki waktu pagi sebagai orang yang beriman, kemudian dia menjalani waktu sore harinya sebagai orang kafir. Atau dia menjalani waktu pagi sebagai seorang mukmin kemudian dia memasuki waktu sore sebagai orang kafir. Banyak kaum menjual bagian mereka dengan harta yang murah dari dunia, atau dengan harta dunia.” (HR. Ahmad no. 18434)

2. Fitnah Syahwat

Fitnah syahwat, merupakan dorongan-dorongan ke dalam diri seseorang untuk melakukan berbagai kemaksiatan dan memperturutkan hawa nafsu. Allah berfirman :

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperuturkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (QS. Maryam : 59)

Syahwat biasanya diungkapkan dengan berbagai kesenangan dunia dan ketergantungan manusia kepadanya. Diantara bentuk fitnah syahwat yakni fitnah dunia, fitnah wanita, fitnah harta, fitnah orang-orang yang dicintai dan juga fitnah kekuasaan. Fitnah syahwat ini akan mendorong manusia berpaling dari akhirat dan sangat mencintai kehidupan dunia dengan segala kesenangannya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“..Demi Allah, bukan kemiskinan yang aku khawatirkan atas kalian, akan tetapi yang aku khawatirkan keadaan kalian bila dihamparkan kepada kalian dunia sebagaimana dulu dunia dihamparkan kepada orang-orang sebelum kalian maka kalian akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya sebagaimana mereka dulu berlomba untuk menggapainya. Lantas dunia itu membinasakan kalian sebagaimana ia dahulu telah membinasakan mereka.” (HR. Bukhari no. 3158)

Sungguh, manusia diakhir zaman akan hidup ditengah kuatnya kedua fitnah itu. Karena kuatnya kedua fitnah tersebut, sebagian besar umat manusia benar-benar akan terjebak di dalamnya, hingga mereka tidak bisa keluar darinya.

Ciri-ciri Manusia Akhir Zaman

ciri-ciri manusia akhir zaman

Banyak hadits yang menyebutkan mengenai tanda-tanda atau ciri-ciri manusia akhir zaman, diantara beberapa hadits tersebut :

1. Bodoh Dalam Urusan Agama

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Diantara tanda-tanda hari Kiamat adalah ilmu dipelajari dari orang-orang rendahan (bodoh).” (shahih. HR. Ath-Thabrani dan Ibnu Mubarak)

2. Banyak Tukang Dusta

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, bersabda :

“Akan ada pada akhir zaman nanti para pendusta yang datang dengan membawa berita-berita yang belum pernah kalian dengar, baik oleh kalian sendiri atau orang-orang sebeum kalian. Aku peringatkan kepada kalian tentang mereka ini membuat kalian tersesat dan jangan pula kalian termakan oleh fitnahnya.” (hR. Muslim no. 7)

3. Sedikit Beramal Shalih

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, bersabda :

“Zaman semakin cepat berlalu, amalan semakin berkurang..” (HR. Bukhari no. 1036, Muslim no. 157)

4. Memiliki Sifat Bakhil

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Zaman semakin cepat berlalu, amalan semakin berkurang, kebakhilan hinggap di setiap orang..” (HR. Bukhari no. 1036, Muslim no. 157)

5. Tidak Amanah

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Jika amanah sudah disia-siakan maka tunggulah kedatangan hari Kiamat.” (HR. Bukhari no. 6496)

6. Gemar Berbuat Maksiat

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya, diantara tanda-tanda hari Kiamat adalah diangkatnya ilmu, ditetapkannya kebodohan, khamr dijadikan minuman dan maraknya zina dimana-mana.” (HR. Bukhari no. 80, Muslim no. 2671)

7. Suka Memutus Silaturahmi

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari Kiamat antara lain :..terputusnya tali silaturahmi..”

8. Buruk Dalam Bertetangga

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Hari Kiamat tidak akan tiba sehinga.. dan hubungan bertetangga yang buruk.” (shahih. HR. Ahmad no. 6886)

9. Istri Yang Membantu Suami Dalam Urusan Dagang

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Diantara tanda-tanda hari Kiamat adalah pengucapan salam kepada orag-orang tertentu, maraknya aktivitas perdagangan, hingga isteri sibuk membantu suaminya dalam urusan dagang, dan putusnya ikatan silaturahmi.” (shahih. HR. Ahmad, Al-Hakim dan lainnya)

10. Hidup Dalam Kemewahan

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

”Diantara tanda hari Kiamat adalah harta yang banyak tersebar dan melimpah..” (HR. An-Nasa’i)

Wallahu a’lam bishawab.

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al-Muabayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *