Masihkah Anda Percaya Pada Ramalan
DASAR ISLAM, KEIMANAN

Masihkah Anda Percaya Pada Ramalan ?

Alomuslim.com – Masyarakat kita pada hari ini sangat menggemari yang namanya ramal-ramalan. Banyak bentuk yang dilakukan dengan ramal-ramalan ini, diantaranya ada ramalan nasib, jodoh, pekerjaan bahkan kejadian-kejadian sial atau beruntung.

Tukang ramal, pada hari ini dikenal dengan sebutan-sebutaan yang berbeda dari yang sebenarnya, seperti orang pintar, paranormal, atau yang semisalnya. Pada prinsipnya mereka adalah sama, yakni orang yang mengaku mengetahui mengenai perkara dengan menggunakan isyarat-isyarat tertentu.

Hukum mempercayai hasil ramalan

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah memperingati umatnya agar tidak mendatangi seorang peramal, beliau bersabda :

“Barangsiapa yang mendatangi seorang peramal (orang pintar) lalu bertanya kepadanya tentang sesuatu, maka shalatnya tidak akan diterima selama 40 (empat puluh) malam.” (HR. Muslim no. 2230, Ahmad IV/68, V/380)

Dalam riwayat yang lainnya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memperingati dengan ancaman yang lebih keras lagi, beliau bersabda :

“Barangiapa yang mendatangi seorang peramal (orang pintar) atau dukun kemudian membenarkan apa yang ia katakana, maka orang itu telah kafir dengan apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.” (shahih. HR. Ahmad II/429, al-Baihaqi VIII/135, al-Hakim I/8)

Maka perhatikanlah wahai umat muslim, jauhilah perkara mendatangi peramal terlebih lagi sampai mempercayai apa yang dikatakannya, meskipun engkau berkilah hanya untuk main-main saja. Sungguh telah nyata ancaman bagi orang yang melakukan hal tersebut.

Referensi :Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *