Membiasakan Pergaulan Yang Baik Di Rumah
DASAR ISLAM, KELUARGA

Membiasakan Pergaulan Yang Baik Di Rumah

Alomuslim.com Beberapa waktu belakangan, masyarakat seringkali disajikan berita mengenai berbagai kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga, bahkan sebagian mereka adalah keluarga muslim. Seperti, orangtua menyiksa anak, anak membunuh orangtua atau seorang ayah menzinahi anak perempuannya dan banyak lainnya.

Selain itu juga, seringkali kita menyaksikan pergaulan anak-anak usia remaja di luar rumah kerap mengarah pada perilaku menyimpang. Mereka banyak melakukan tindak kekerasan di jalan, pergaulan bebas dan juga terlibat  dalam penggunaan narkoba.

Jelas itu semua disebabkan karena lemahnya pengawasan orangtua dan tidak adanya kebiasaan bergaul yang baik dalam rumah. Dari Aisyah radhiallahu anha, ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda :

“Jika Allah Azza wa Jalla menghendaki kebaikan kepada suatu keluarga, maka Dia menganugerahkan atas mereka pergaulan yang baik.” (HR. Ahmad, 6/71)

Dalam riwayat yang lain disebutkan,

“Sesungguhnya Allah jika mencintai suatu keluarga, maka Dia anugerahkan atas mereka pergaulan yang baik.” (HR. Ibnu Abi Duniya)

Artinya setiap anggota keluarga saling mempergauli yang lain dengan baik. Inilah salah satu sebab kebaikan dan kebahagiaan di dalam rumah. Pergaulan yang baik sangatlah bermanfaat antara suami – istri, juga dengan anak-anaknya dan semua anggota keluarga. Dengan kebiasaan tersebut akan melahirkan hasil yang tak mungkin dihasilkan oleh kekerasan.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi was sallam :

“Sesungguhnya Allah mencintai pergaulan yang baik (keramahan), dan Dia memberikan kepada pergaulan yang baik (keramahan) apa yang tidak diberikan-Nya kepada kekerasan dan apa yang tidak diberikan kepada selainnya.” (HR. Muslim no. 2593)

Maka biasakanlah pergaulan yang baik di rumah agar mendatangkan kebahagiaan dan dijauhkan dari keburukan karena kekerasan.

Referensi : 40 Nasihat Memperbaiki Rumah Tangga, Syaikh Dr. Muhammad bin Shalih al-Munajjid (Darul Haq : 2014)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *