mendahulukan sai
DASAR ISLAM, HAJI

Apakah Boleh Mendahulukan Sa’i Sebelum Thawaf ?

Alomuslim.com – Thawaf merupakan rukun kedua dalam ibadah haji, sementara sa’i merupakan rukun ketiga. Mayoritas ulama dari kalangan madzhab Imam Malik, Syafi’i, Abu Hanifah menyatakan bahwa orang yang melaksanakan sa’i sebelum thawaf, maka sa’inya tidak sah.

Orang yang melakukan hal tersebut harus mengulangi kembali sa’inya. Hanya saja Imam Malik dan Imam Abu Hanifah mengatakan bahwa orang itu harus mengulangi thawaf dan sa’inya sekaligus.

Sementara menurut Imam Asy Syafi’i, hendaknya ia mengulangi sa’inya saja, dan supaya sa’i tersebut dilakukan setelah thawaf. Sehingga sesuai secara urutan rukun, tanpa ada yang harus melewati salah satunya.

[irp posts=”3084″ name=”Rukun Ibadah Haji Ketiga : Sa’i”]

Pendapat para ulama menggunakan sebuah dalil dari Aisyah radhiallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda kepadanya ketika dia mengalami haid.

“Lakukanlah apa yang dilakukan oleh orang yang melakukan haji, hanya saja kau tidak boleh melakukan thawaf di Ka’bah sampai kamu suci.” (HR. Bukhari no. 294, Muslim no. 1211)

Penyimpulan dari hadits ini adalah bahwa Rasulullah memerintahkan Aisyah untuk melaksanakan semua yang seharusnya dilakukan oleh orang yang melaksanakan haji, selain thawaf di Ka’bah. Padahal waktu itu Aisyah belum melaksanakan sa’I, karena memang belum thawaf.

Kalau saja sa’i tidak harus tergantung pada thawaf, niscaya Aisyah tidak akan menundanya, terlebih lagi wanita yang sedang haid tidak terlarang untuk melakukan sa’i, -sesuai dengan pendapat yang shahih-.

Namun ada diantara sebagian ulama yang membolehkan untuk mendahulukan sa’i sebelum thawaf. Dan ini adalah penapat beberapa ulama dikalangan ahli hadits, Atha’ dan Al Auza’i. Tetapi pendapat yang membolehkan lebih dikuatkan oleh para ulama.

[irp posts=”2759″ name=”Macam-Macam Thawaf Dalam Ibadah Haji”]

Wallahu a’lam.

Referensi :Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *