Inilah Anjuran Menikah Di Bulan Syawal

menikah di bulan syawal

Inilah Anjuran Menikah Di Bulan Syawal – Sebagian dari pemuda dan pemudi muslim seringkali merasa tertekan setiap kali hari raya Iedul Fitri tiba, dimana mereka harus mudik dan bertemu dengan orangtua dan sanak saudara. Pasalnya, mereka harus menyiapkan jawaban pamungkas atas setiap pertanyaan yang diajukan dan menjurus ke satu arah, “Kapan Nikah?”.  Bagi sebagian orang pertanyaan ini merupakan sesuatu yang mampu memberikan tekanan psikologis yang sangat berat, langsung menohok, jleb.

Baca Juga : Wahai Muslimah, Murahkanlah Maharmu 

Seorang pemuda muslim yang baik haruslah merespon setiap keadaan dengan tetap berpikir positif dan optimis, bahwa setiap ujian pasti ada jalan keluarnya. Setelah bulan Ramadhan usai, masuklah kepada bulan Syawal dan inilah solusi dari permasalahan mereka, menikahlah di bulan Syawal. Wahai para pemuda, menikahlah di bulan Syawal karena ini merupakan bulan baik yang memiliki keutamaan. Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiallahu anha menceritakan :

“Rasulullah menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah radhiallahu anha dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal.” (HR. Muslim)

Dalam kitab Syarah Shahih Muslim, Imam An Nawawi rahimahullahu mengomentari hadits tersebut dan berkata :

“Dalam hadits ini terdapat sunnahnya menikahkan, menikah dan mulai berkeluarga (malam pertama) di bulan Syawal, dan sahabat-sahabat kami (ulama Syafi’iyah) telah menegaskan hukum sunnahnya, dan mereka berdalil dengan hadits ini.”

Kepada para orangtua, nikahkanlah anak-anak anda di bulan Syawal karena Rasulullah telah mencontohkannya dengan menikahi ‘Aisyah. Jangan lagi mengikuti sebagian tradisi atau budaya dalam menentukan tanggal atau bulan baik untuk menikah dengan hitung-hitungan, sungguh hal tersebut sangatlah jauh dari petunjuk Islam. Salah satu sebab Rasulullah  menikahi ‘Aisyah di bulan Syawal adalah untuk menepis anggapan bahwa menikah di bulan Syawal akan mendatangkan kesialan dan tidak membawa berkah.

Maka petunjuk siapakah yang harus kita ikuti?

Referensi :

  • info, Sofyan Chalid Ruray
  • or.id, dr. Raehanul Bahraen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *