Wahai Pemuda Muslim, Menikahlah Dan Jauhi Zinah

menikahlah dan jauhi zinah

Wahai Pemuda Muslim, Menikahlah Dan Jauhi Zinah -Syariat Islam telah dengan jelas mengharamkan hubungan antara lawan jenis di luar ikatan pernikahan, baik itu sekedar berpacaran terlebih lagi zina. Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala, yang artinya :

[su_quote]“Dan janganlah kamu mendekati zina ; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra’ : 32)[/su_quote]

Sangatlah jelas peringatan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya, untuk jangan mendekati zina. Mendekati sekalipun tidak dibolehkan, lalu bagaimana mungkin sampai harus melakukan perbuatan zina? Sungguh celakalah mereka yang telah berani melanggar perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Islam menyamakan antara pacaran dengan perbuatan mendekati zina, karena seringkali pacaran mejadi pengantar seseorang untuk melakukan zina. Rasulullah ﷺ, telah memperingati umatnya melalui lisan beliau yang mulia, :

Baca Juga : Urgensi Nikah Muda

[su_quote]“Sungguh tidaklah seorang laki-laki menyendiri dengan seorang wanita, kecuali setan akan menjadi yang ketiga.” (HR. at-Tirmidzi no. 2165)[/su_quote]

Usia muda merupakan masa yang dipenuhi dengan berbagai gairah, terutama terhadap lawan jenis, sehingga mudah menjadi jalan bagi setan untuk menggiring kepada perbuatan zina. Oleh sebab itu, Wahai pemuda muslim menikahlah, karena itu lebih baik untuk menjaga kehormatan dan kesucian dirimu. Perintahnya pun jelas dari baginda Nabi ﷺ, :

“Wahai para pemuda, barangsiapa diantara kalian mampu menikah maka menikahlah, dan barangsiapa tidak mampu hendaknya ia berpuasa karena puasa itu bisa sebagai obat (pengebirinya).” (HR. Bukhari no. 5065)

Wahai pemuda, apabila Allah telah memberikan rezeki kepadamu sehingga engkau memiliki kecukupan maka menikahlah. Jangan engkau menunda-nunda pernikahan dengan beralasan harus menyelesaikan studi, pekerjaan atau mengejar karier. Engkau tidak harus menunggu mapan secara ekonomi untuk menikah.

Namun, apabila saat ini hidupmu hanya memiliki gaji yang pas-pasan dan engkau khawatir tidak mampu untuk memberikan nafkah kepada istrimu kelak, bertawakallah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, karena Dia yang akan menjamin rezekimu. Sebagaimana janji Allah dalam kitab-Nya yang mulia, yang artinya :

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karuniaNya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nur : 32)

Dan Allah juga berfirman :

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaq : 2-3)

Semoga Allah menjaga dan menyelamatkan seluruh pemuda muslim dari perbuatan zina dan memberikan kemudahan untuk menikah. Allahumma aamiin.

Referensi : Romantika Kawin Muda, Zainal Abidin bin Syamsuddin, Lc (Pustaka Imam Bonjol : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *