Merokok Itu Haram
DASAR ISLAM, MAKANAN

Apakah Anda Masih Ragu Kalau Merokok Itu Haram?

Alomuslim.com – MEROKOK MEMBUNUHMU. Pesan ini begitu jelas tertulis dalam kemasan dan juga iklan-iklan yang ditampilkan oleh semua jenis produk rokok. Tulisan itu bukanlah sekedar rangkaian kata-kata semata untuk mengundang sensasi, tetapi itu merupakan sebuah pesan yang dengan tegas menyatakan bahayanya rokok.

Dengan tulisan tersebut, harusnya dapat membuat seseorang berpikir bahwa merokok bukanlah sesuatu yang mendatangkan manfaat. Dan Tulisan tersebut dapat dijadikan sebagai dalil kalau rokok adalah haram. Lalu, kenapa masih ada sebagian orang yang berpikir bahwa rokok bukanlah sesuatu yang berbahaya dan merokok tidaklah haram?

Dalil pengharaman merokok memang tidak disebutkan secara eksplisit dalam redaksi ayat maupun hadits, karena rokok belum ada pada masa Rasulullah hidup. Menurut sebagian informasi, bahwa rokok pertama kali dinikmati oleh manusia sekitar abad ke 9 atau jauh setelah Rasulullah wafat. Maka dalil yang digunakan dalam pengharaman rokok adalah dalil umum, tetapi sebagian ulama melakukan qiyas (analogi) dari makna ayat dan hadits yang menyatakan pengharamannya.

Diantara beberapa dalil yang menegaskan haramnya rokok :

1. Al-Qur’an

وَلاَ تَقْتُلُوْا أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An-Nisa : 29)

Dalam ayat ini, Allah dengan jelas melarang seseorang untuk membunuh dirinya. Bukankah dalam kemasan rokok tertulis dengan jelas kalau “MEROKOK MEMBUNUHMU.”?

2. Hadits

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Janganlah membahayakan diri sendiri dan membahayakan orang lain.” (hasan. HR. Ahmad 1/313, Ibnu Majah Kitab Al-Ahkam no. 2341, Ath-Thabrani Al-Kabir, no. 11806)

Apakah dua dalil tersebut tidak cukup menjadi alasan bagi anda yang masih menolak pengharaman rokok untuk segera berhenti merokok? Allahul musta’an.

Referensi :

  • Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)
  • Mati Bunuh Diri, Al Manhaj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *