Minuman Yang Disukai Rasulullah Saw Semasa Hidup

minuman yang disukai oleh rasulullah

Minuman Yang Disukai Rasulullah Saw Semasa Hidup – Sebagai umat Nabi Muhammad Saw, menarik kiranya kita mengetahui apa saja sih minuman yang digemari oleh Nabi Muhammad Saw semasa hidupnya? Dalam hal ini terdapat dua riwayat yang disajikan dalam al-Syamail al-Muhammadiyyah oleh Imam al-Tirmidzi berkaitan dengan minuman yang digemari oleh Rasulullah Saw, sebagai berikut.

1. Minum-Minuman Yang Manis Dan Dingin

Informasi terkait minuman manis lagi dingin yang disukai oleh Rasulullah Saw ini diutarakan langsung oleh istri beliau, ‘Aisyah. Sebagai istri tentu saja ‘Aisyah mengetahui kebiasaan Rasulullah Saw mulai dari beliau bangun tidur hingga tidur lagi. Berkenaan dengan minuman kegemaran Nabi Saw, ‘Aisyah mengatakan.

كَانَ أَحَبُّ الشَّرَابِ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الْحُلْوُ وَالْبَارِدُ

“Minuman yang paling disukai oleh Rasulullah Saw adalah yang manis dan dingin.” (HR. Tirmidzi)

Jika digambarkan dengan konteks saat ini, maka minuman semacam ini sangatlah banyak dan beragam, misalnya jus buah, teh manis, madu, dan banyak lagi yang lainnya. pada intinya Rasulullah Saw menyukai minuman yang manis dan dingin.

[su_quote]Baca Juga : Buah-Buahan Yang Dimakan Rasulullah Semasa Hidup[/su_quote]

2. Susu

Ibn ‘Abbas mengisahkan dalam riwayat yang lumayan panjang tentang Rasulullah Saw yang gemar minum susu. Beliau mengatakan bahwa susu mengandung gizi setara dengan makanan dan minuman sekaligus.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : دَخَلْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا وَخَالِدُ بْنُ الْوَلِيدِ عَلَى مَيْمُونَةَ فَجَاءَتْنَا بِإِنَاءٍ مِنْ لَبَنٍ ، فَشَرِبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا عَلَى يَمِينِهِ وَخَالِدٌ عَلَى شِمَالِهِ ، فَقَالَ لِي : الشَّرْبَةُ لَكَ ، فَإِنْ شِئِتَ آثَرْتَ بِهَا خَالِدًا فَقُلْتُ : مَا كُنْتُ لِأُوثِرَ عَلَى سُؤْرِكَ أَحدًا ، ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ أَطْعَمَهُ اللَّهُ طَعَامًا ، فَلْيَقُلِ : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ ، وَمَنْ سَقَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَبَنًا ، فَلْيَقُلِ : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ. قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ شَيْءٌ يُجْزِىءُ مَكَانَ الطَّعَامِ وَالشَّرَابِ غَيْرَ اللَّبَنِ.

Dari Ibn ‘Abbas, ia mengisahkan, “Suatu ketika saya bersama Rasulullah Saw dan Khalid bin Walid berkunjung ke kediaman Maimunah. Maimunah kemudian menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu. Mula-mula Rasulullah Saw meminumnya dan saya berada di sebelah kanan beliau sedangkan Khalid berada di sebelah kiri beliau.

Seusai minum Nabi Saw mengatakan kepada saya, “Sekarang giliranmu minum! Jika kamu berkenan kamu sisakan untuk Khalid!” “Saya tidak akan menyisakan minuman bekasmu untuk siapapun.” Jawabku. Kemudian Rasulullah Saw mengatakan, “Barangsiapa yang diberikan makanan oleh Allah maka hendaklah ia berdoa,

Ya Allah berkahilah makananku, dan berilah aku makanan yang lebih baik darinya, dan barang siapa yang diberi minum susu oleh Allah maka hendaklah ia berdoa, Ya Allah berkahilah minumanku, dan berilah aku tambahan kebaikan darinya.”  Kemudian beliau mengatakan bahwa tidak ada yang dapat menggantikan minuman dan makanan sekaligus selain susu. (HR. Tirmidzi)

Demikianlah beberapa info seputar minuman yang digemari oleh Rasulullah Saw. Semoga mengispirasi kita semua. Amin.

Wallahu a’lam.

Sumber: al-Syamail al-Muhammadiyyah dan Sunan al-Tirmidzi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *