Nabi Mengalahkan Pegulat Tangguh

Nabi Mengalahkan Pegulat Tangguh

Nabi Mengalahkan Pegulat Tangguh – Pernah terbayang ga ternyata Rasulullah adalah orang yang sangat lihai dalam bela diri. Hal ini beliau buktikan ketika beliau mengalahkan seorang pegulat tangguh dari suku Quraisy, yakni Rukanah. Kekalahan Rukanah berbuah keislamannya di hadapan Rasulullah Saw. Berikut kisahnya!

Nabi Yang Mengalahkan Pegulat Tangguh

Diriwayatkan dari Ibn Ishaq dari Abu Ishaq bin Yasar, ia mengisahkan:

Waktu itu Rukanah Ibn ‘Abd Yazid bin Hasyim adalah orang terkuat dari suku Quraisy. Suatu hari Rukanah berhadap-hadapan dengan Rasulullah Saw di sebuah tempat di Mekah.

Rasulullah Saw berkata kepada Rukanah: “Hai Rukanah, mengapa engkau tidak takut kepada Allah dan tidak mau menerima dakwahku?”

Seandainya aku tahu bahwa yang kamu katakan itu benar, maka aku akan mengikutimu.” Jawab Rukanah.

Nabi pun kemudian menantang Rukanah untuk bergulat: “Bagaimana pendapatmu jika aku mengalahkanmu dalam pertandingan gulat, apakah kamu akan membenarkan apa yang aku dakwahkan kepadamu?

Ya!” Jawab Rukanah.

Ayo majulah, mari kita bertarung!” tantang Rasul Saw.

Kemudian Rukanah bangkit dan melawan Rasulullah Saw. Maka ketika Rasulullah Saw menyergapnya dan membantingnya, ia tidak kuasa sedikitpun untuk melawan Rasul. Kemudian ia bangkit kembali dan meminta beliau mengulangi lagi pertandingannya.

Ayo lagi Muhammad!” tantang Rukanah.

Maka untuk yang kedua kalinya Rukanah kembali dikalahkan oleh Rasulullah Saw.

Akhirnya Rukanah mengakui kekalahannya dan mengatakan: “Ini adalah sesuatu yang menakjubkan wahai Muhammad, engkau telah mengalahkanku.”

Lalu Rasulullah menunjukkan kembali kebolehannya untuk semakin menarik Rukanah ke dalam Islam dengan memanggil pohon agar mau mendatangi Nabi Muhammad Saw. Dan ternyata benar hal itu terjadi sehingga pohon tersebut berhenti di hadapan Rasulullah Saw, kemudian kembali lagi ke tempatnya.

Singkat cerita Rukanah akhirnya menjadi muslim dan mengajak kaumnya yang lain untuk memeluk Islam.

Demikianlah sepenggal kisah tentang Nabi Muhammad Saw yang menaklukkan seorang pegulat tangguh. Semoga terinspirasi!

Wallahu a’lam

Sumber: Sirah Ibn Hisyam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *