Siapakah Orang Yang Berhak Menguburkan Jenazah?

Orang Yang Berhak Menguburkan Jenazah

Alomuslim.com – Bagi seorang muslim, anda harus mengetahui siapa sajakah orang yang berhak untuk menguburkan keluarga, saudara atau teman anda. Karena sebagian besar kaum muslimin pada hari ini, dengan mudahnya mereka menyerahkan urusan menguburkan jenazah keluarganya kepada petugas pemakaman atau siapa saja yang ikut mengantarkan jenazah.

Maka perhatikanlah, hendaknya orang yang menguburkan jenazah adalah kaum laki-laki. Sementara bagi wanita, mereka dilarang untuk menguburkan jenazah, karena wanita tidak dibebankan untuk melakukan hal itu berdasarkan hukum syariat. Dan alhamdulillah, kaum muslimin semenjak zaman Rasulullah hingga hari ini, tidak menyerahkan urusan menguburkan jenazah kepada kaum wanita.

Sebaiknya laki-laki yang menguburkan jenazah adalah para wali dan orang-orang yang memiliki hubungan kerabat dengan mayit. Hal ini berdasarkan keumuman firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

“Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) di dalam kitab Allah.” (QS. Al Anfal : 75)

Dan juga berdasarkan pada hadist Ali radhiyallahu’anhu, “Saya pernah memandikan Rasulullah, saya melihat-lihat tubuh Rasul dan tidak mendapati celah, ia adalah jasad yang bagus dan baik pada waktu hidup maupun setelah wafatnya. Dan yang mengurus pemakamannya adalah orang-orang dekat Rasulullah, mereka adalah empat orang, yaitu : Ali, Abbas, Fadhl dan Shalih pembantu Rasulullah..” 

Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
berhaji jika mampu
Read More

Berhaji Jika Mampu ?

Berhaji Jika Mampu ? – Berhaji telah disyariatkan dan menjadi sebuah kewajiban yang diperintahkan Allah ﷻ kepada setiap…