Pakailah Pakaian Yang Bagus Sekalipun Itu Mahal – Alomuslim

Pakailah Pakaian Yang Bagus Sekalipun Itu Mahal

pakailah pakaian yang bagus

Pakailah Pakaian Yang Bagus Sekalipun Itu Mahal – Pakaian merupakan kebutuhan dasar manusia, bahkan bisa dikatakan merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi dalam beberapa pertimbangan syariat. Misalkan untuk alasan menutup aurat, maka karena alasan tersebut berpakaian menjadi wajib hukumnya bagi setiap manusia.

Melihat kemaslahatan yang sangat besar terhadap kehidupan manusia, Islam sebagai agama yang mulia, telah memberikan aturan mengenai batasan-batasan yang diperbolehkan dan yang dilarang dalam berpakaian.

Umat Islam pada masa yang telah lewat terkenal dengan sifat zuhud (meninggalkan segala ketertarikan terhadap apa yang tidak bermanfaat bagi kehidupan akhirat), sehingga memunculkan stigma negatif, bahwa umat islam itu yang bernampilan lusuh, kotor dan tidak ‘meng-enakan’ dipandangan manusia, karena alasan meninggalkan berbagai kemewahan dunia untuk fokus mengejar akhirat.

Ini jelas sebuah kesalahan dalam memaknai hukum syariat. Syariat islam tidak melarang umatnya untuk berpakaian bagus, justru salah satu hal yang diharuskan dalam syariat islam adalah berpakaian yang indah dan bagus, seperti dalam firman Allah yang artinya :

[su_quote]“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al A’raaf : 31)[/su_quote]

Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu dari Nabi , beliau bersabda :

“Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada rasa sombong meskipun seberat biji sawi.” Seorang laki-laki berkata, ‘Sesungguhnya setiap orang itu menyukai manakala bajunya bagus dan sandalnya bagus.’ Maka beliau bersabda, : “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain.” (HR. Muslim)

Baca Juga : Cara Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Berdasarkan keterangan dua dalil diatas, jelas umat muslim diperbolehkan bahkan dianjurkan untuk memakai pakaian yang indah dan bagus, namun batasannya adalah dia tidak berlebih-lebihan atau sombong ketika mengenakannya, karena apabila terdapat dua sifat itu, akan celakalah orang tersebut.

Bolehkah membeli pakaian dengan harga yang mahal?

pakailah pakaian yang bagus dan mahal

Memang ada hadits yang menjelaskan tentang anjuran meninggalkan kemewahan dalam berpakaian, sebagaimana disampaikan dalam hadits riwayat Mu’adz bin Anas radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah  bersabda :

Barangsiapa yang meniggalkan pakaian (yang bagus dan mahal) karena tawadhu’ kepada Allah padahal ia mampu, niscaya Allah memanggilnya pada hari kiamat nanti di hadapan seluruh makhluk hingga memberinya pilihan perhiasan iman yang mana saja ia suka yang akan ia pakai.” (HR. at-Tirmidzi dan al-Hakim)

Bila dipahami makna hadits tersebut bukanlah larangan atas seseorang untuk memiliki pakaian mewah, tetapi merupakan anjuran untuk meninggalkan pakaian mewah, sehingga bisa ditarik hukum, bolehnya seseorang untuk mengenakan pakaian dengan harga yang mahal. Karena hukum asal untuk perkara duniawi adalah halal, hingga ada dalil yang mengharamkannya.

Kriteria dalam menentukan apakah pakaian dikatakan mahal atau tidak, memiliki standar yang berbeda bagi setiap orang. Pakaian seharga lima juta misalnya, bisa dikatakan mahal bagi seseorang dengan penghasilan lima juta perbulan sekalipun, karena ketika ia membeli pakaian tersebut, mungkin akan ada kebutuhan lainnya yang tidak terpenuhi sehingga ini menjadi berlebihan dan memaksakan diri, ketika harus membeli pakaian tersebut. Sementara bagi seseorang yang penghasilan perbulannya mencapai dua puluh juta atau bahkan lebih, jelas harga lima juta tidak bisa dikatakan mahal, karena dengan satu bulan gajinya, dia bisa membeli pakaian tersebut dan masih memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Kaidah asalnya adalah diperbolehkan memiliki sesuatu dengan harga mahal asalkan tidak sampai memaksakan diri dalam membelinya, terlebih sampai menyulitkan dirinya hingga menyebabkan berhutang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, kesederhanaan tetaplah lebih baik bagi seorang muslim agar dirinya terhindar dari bisikan setan untuk berperilaku sombong. Wallahu Ta’ala ‘Alam

 Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *