Peran Masjid Dalam Menumbuhkan Karakter Anak

Peran Masjid Dalam Menumbuhkan Karakter Anak – Disadari atau tidak, dimasa ini menjadi sedikit sulit menemui Masjid yang ramah anak. Masjid yang sejatinya adalah rumah bagi generasi penerus menuntut ilmu, menjadi eksklusif, seolah masjid hanya diperuntukkan bagi yang sudah berumur padahal masjid memiliki peran penting dalam pembentuk karakter anak.

Pembentukan karakter seperti apa yang didapat di masjid?

Didalam masjid ada banyak sekali ilmu pembentukan karakter bagi anak yang akan dengan baik diserap anak dengan pembiasaan shalat dan mengaji di masjid. Pembiasaan dan pembimbingan yang baik pada anak akan membentuk karakter, etika dan akhlak.

Ketika awal masuk masjid anak anak diajarkan untuk menelaah kebersihan dirinya, anak anak dapat diajarkan berwudlu dan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya selama didalam masjid, sudah tentu karena masjid adalah tempat yang suci, dan anak anak harus menjaga kebersihannya.

Lalu anak diajarkan untuk berdiri ber saf dan patuh, tidak gaduh saat shalat sedang berlangsung, ini adalah salah satu karakter disiplin, tidak mudah memang mengajarkan anak anak untuk diam pada satu tempat selama beberapa menit namun dengan pembiasaan dan contoh dari para orang tua hal tersebut akan lebih mudah setiap hari nya dan akan lebih mudah terwujud.

Dan peran masjid pun menjadi lebih besar ketika masjid menjadi sarana pengajaran ilmu Al Quran, mempelajari Al Quran dapat menumbuhkan sikap berfikir secara alami pada diri anak dengan mempelajari Al Quran dan menghayati maknanya otak anak akan menjadi aktif dan kemampuan berfikir akan meningkat

Maka masjid memiliki peran penting dalam menanamkan dan mengajarkan berbagai nilai akhlak dan etika atau perkembangan karakter pada generasi muslim dan hal ini akan terwujud dengan adanya peranserta dari para orang tua dan pendidik.

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like