perbanyaklah berwudhu
BERSUCI, DASAR ISLAM

Perbanyaklah Berwudhu

Perbanyaklah Berwudhu – Setiap ibadah yang telah disyariatkan pasti memiliki keutamaan, baik ibadah yang dikerjakan tersebut merupakan ibadah yang ringan, namun tetap akan memiliki balasan yang berlipat disisi Allah ﷻ.

Wudhu merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak keutamaan dengan balasan berlipat ganda. Mungkin, karena alasan ketidaktahuan tentang keutamaan wudhu, sehingga banyak diantara umat muslim tidak membiasakan diri untuk berwudhu dalam setiap keadaan, selain karena alasan hendak menunaikan shalat.

Baca Juga : Wudhu Amalan Penghapus Dosa Anggota Badan

Beberapa Keutamaan Berwudhu Yang Pernah Disampaikan Oleh Baginda Nabi ﷺ,

1. Wudhu Merupakan Separuh Dari Iman

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Malik al-Asy’ari radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, :

“Menyempurnakan wudhu adalah separuh dari iman.” (HR. Ibnu Majah)

2. Wudhu Menjadi Penghapus Bagi Seluruh Kesalahan-Kesalahan

Sebagaimana diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah ﷺ, bersabda :

“Menyempurnakan wudhu dalam kondisi yang dibenci (seperti musim dingin yang berat), mengayunkan kaki ke masjid dan menunggu shalat setelah shalat adalah mencuci bersih kesalahan-kesalahan.”  (HR. Abu Ya’la, al-Bazzar dan al-Hakim)

3. Wudhu Mampu Menghapus Dosa Yang Telah Dilakukan

Dari Ayyub radhiallahu anhu. Aku mendengar Rasulullah ﷺ, bersabda :

“Barangsiapa berwudhu seperti yang diperintahkan dan shalat seperti yang diperintahkan, maka amal (kesalahan) yang telah dilakukannya diampuni.”  Dalam riwayat yang lain, : “Diampuni dosanya yang telah berlalu” (HR. An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

4. Wudhu Sebagai Jaminan Masuk Surga

Apalagi yang diharapkan seorang mukmin atas setiap ibadah yang dikerjakannya selain imbalan surga, maka perbanyaklah berwudhu, sebagaimana dalam kisah Bilal. Dari Abdullah bin Buraidah, dari bapaknya, dia berkata :

“Di suatu pagi Rasulullah memanggil Bilal, lalu bersabda, ‘Wahai Bilal, dengan apa kamu mendahuluiku ke surga? Tadi malam aku masuk ke surga lalu aku mendengar suara gerakan sandalmu di depanku.’ Bilal menjawab, ‘Ya Rasulullah, aku tidak pernah sekalipun mengumandangkan adzan kecuali aku shalat dua rakaat (setelahnya) dan tidaklah aku terkena satu hadatspun kecuali aku berwudhu padanya.’ Maka Rasulullah bersabda, ‘Ini dia.’” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Tentu masih banyak lagi riwayat-riwayat hadits shahih yang menyebutkan mengenai keutamaan wudhu. Maka, berdasarkan penjelasan hadits-hadits diatas, telah jelaslah mengenai keutamaan wudhu. Sungguh amat besar balasan yang diberikan, maka tidak perlu logika untuk menimbang antara ibadah yang dikerjakan dengan balasan, tentulah tidak setimpal. Semoga setelah mengetahui beberapa keutamaan wudhu, umat muslim mau membiasakan diri untuk berwudhu dalam setiap keadaan.

Referensi : Shahih At Targib wa At Tarhib Jilid 1, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani (Darul haq : 2016)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *