Perhatikan Hal Berikut Untuk Kesempurnaan Kurban Anda
DASAR ISLAM, MAKANAN

Perhatikan Hal Berikut Untuk Kesempurnaan Kurban Anda

Alomuslim.com Bagi anda yang hendak berkurban, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk membeli hewan kurban. Hal ini untuk menjaga kesempurnaan dan memberikan yang terbaik dalam berkurban. Beberapa hal tersebut adalah :

1. Pilih hewan yang gemuk dan sempurna secara fisik

Berkurban dengan seekor kambing yang gemuk lebih utama daripada berkurban dengan dua ekor kambing yang tiak gemuk, karena tujuan dari berkurban adalah dagingnya. Hewan yang gemuk juga lebih banyak dan lebih bagus dagingnya.

Diriwayatkan dari Umamah bin Sahal, dia berkata ‘Kami menggemukkan hewan-hewan kurban di Madinah, dan umat Islam yang lain juga menggemukkan (kurbannya).’

2. Berkurban dengan binatang ternak

Mayoritas ulama, selain dari madzhab Imam Malik, menyatakan bahwa urutan hewan kurban yang paling utama adalah unta, kemudian sapi, lalu kambing.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi was sallam :

“Baransiapa yang mandi pada hari jum’at layaknya mandi janabat (mandi besar), kemudian langsung pergi (ke masjid), maka ia seolah-olah telah berkurban dengan seekor unta. Jika ia pergi pada jam kedua, maka ia seolah-olah telah berkurban dengan sapi, dan jika ia pergi pada jam ketiga, makai a seolah-olah berkurban dengan seekor domba yang bertanduk..” (HR. Bukhari no. 881, Muslim no. 850)

Sementara menurut ulama Madzhab Maliki berpendapat bahwa binatang yang paling utama untuk kurban adalah domba, kemudian sapi dan unta. Hal tersebut dengan memperhitungkan kualitas dan kelezatan dagingnya, karena dalam berbagai riwayat Nabi shallallahu alaihi was sallam memilih berkurban dengan dua ekor omba yang gemuk dan putih mulus.

3. Pilih yang berwarna putih, jika tidak ada pilih yang berwarna krem, atau jika tidak ada pilih yang berwarna hitam

Hal ini didasarkan pada hadits Nabi shallallahu alaihi was sallam yang menjelaskan bahwa beliau berkurban dengan 2 ekor domba yang putih mulus. Atau dalam riwayat lain Rasulullah pernah berkurban dengan domba yang bagian mulut, perut, dan sekitar matanya berwarna hitam.

4. Berkurban dengan yang mahal

Abu Dzar radhiallahu anhu pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi was sallam, ‘Apakah kurban yang lebih utama?’ Beliau menjawa :

“Yang paling mahal harganya, dan paling berharga bagi pemiliknya..” (HR. Bukari no. 2518, Muslim no. 84)

Bagi anda yang hendak berkurban, perhatikanlah beberapa hal diatas dalam memilih hewan yang akan anda persembahkan untuk berkurban.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *