Peristiwa Hijrah Pertama Umat Muslim
KISAH SAHABAT

Peristiwa Hijrah Pertama Umat Muslim

Alomuslim.com – Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyaksikan langsung penderitaan yang dialami para sahabatnya, terutama diantara mereka yang lemah, budak dan juga masih muda. Hal ini berbalik dengan keadaan beliau karena kedudukan beliau disisi Allah dan disisi pamannya, Abu Thalib.

Karena merasa tidak mampu memberikan perlindungan kepada para sahabatnya, maka beliau memerintahkan untuk berhijrah ke negeri Habsyah (Ethiopia atau Eritrea). Karena negeri Habasyah memiliki seorang raja yang mengharamkan siapapun yang di zhalimi di dalamnya, dan negeri tersebut adalah negeri yang aman.

Raja negeri Habasyah di kenal dengan sebutan Najasyi, dan pada saat itu Najasyi merupakan seseorang yang beragama Nashrani demikian juga dengan penduduk negerinya. Nashrani dianggap sebagai agama yang dekat dengan Islam pada waktu itu.

Kemudian berangkatlah para sahabat menuju Habasyah, karena khawatir akan mendapatkan siksaan lebih berat kalau tetap berada di Mekkah. Hijrah pertama terjadi pada tahun kelima kenabian. Jumlah sahabat yang berangkat pertama kali adalah sebelas orang laki-laki dan lima orang wanita. Diantaranya adalah Utsman bin Affan, beserta istrinya yang merupakan putri Rasulullah, Ruqayyah binti Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.Hijrah pertama ini dipimpin oleh sahabat Utsman bin Madz’un.

Ketika hijrah kedua terjadi, para sahabat yang ikut berjumlah delapan puluh tiga orang laki-laki dan empat belas orang perempuan. Hijrah kedua dipimpin oleh sahabat sekaligus sepupu Rasulullah, yaitu Ja’far bin Abi Thalib radhiallahu anhu.

Selama beberapa waktu tinggal di negeri Habasyah para sahabat mendapat perlindungan dari Najasyi dan hidup damai dengan masyarakat Habasyah serta dapat beribadah dengan tenang.

Referensi :Sirah Nabawiyah Ibnu Ishaq, Ibnu Hisyam (Akbar Media : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *