Peristiwa Pembunuhan Pertama Di Dunia
KISAH NABI DAN RASUL, KISAH PARA RASUL

Peristiwa Pembunuhan Pertama Di Dunia

Alomuslim.com – Peristiwa pembunuhan pertama di dunia dilakukan oleh seorang anak Nabi Adam alaihissallam  yang paling tua, yakni Qabil, terhadap saudaranya Habil. Pada saat itu Nabi Adam dan Hawa memiliki 4 orang anak, yang dilahirkan dalam kembar berpasangan antara laki-laki dan perempuan.

Suatu kali, Nabi Adam iperintahkan untuk menikahkan setiap anak lelaki dengan saudari kembar saudaranya. Artinya, Qabil harus menikah dengan saudari kembarnya Habil, demikian pula dengan Habil yang harus menikahi saudari kembarnya Qabil.  Tetapi Qabil merasa keberatan untuk menikah dengan saudari kembarnya Habil, karena saudari kembarnya Qabil lebih cantik dari saudari kembarnya Habil.

Nabi Adam memerintahkan Qabil untuk menikahkan saudari perempuannya dengan Habil, tapi Qabil menolak. Kemudian Nabi Adam memerintahkan kepada keduanya untuk mempersembahkan kurban. Saat Qabil dan Habil mempersembahkan kurban, Habil mempersembahkan seekor kambing gemuk, karena ia memiliki banyak kambing. Sementara Qabil hanya mempersembahkan seikat hasil tanaman yang buruk.

Nabi Adam kemudian menyerahkan kedua kurban anaknya itu. Lalu kurban milik Habil diterima, sementara kurban milik Qabil tidak diterima. Qabil berkata kepada ayahnya, ‘Kurban Habil diterima karena kau berdoa untuknya dan tidak berdoa untukku.’ Kemudian Qabil mengancam untuk membunuh saudaranya. Ia berkata, ‘Sungguh, aku akan membunuhmu agar tidak menikahi saudariku.’ Habil menyahut, ‘Sesungguhnya, Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertakwa.’ 

Suatu malam, Habil tidak kunjung pulang dari mengembala kambing. Nabi Adam kemudian mengutus Qabil untuk melihat apa yang membuat saudaranya terlambat pulang. Qabil melihat Habil sedang berbaring. Qabil kembali mengancam untuk membunuh Habil. Tetapi Habil kemudian berkata kepada Qabil,

“Sungguh, jika engkau menggerakkan tangamu kepadaku untuk membunuhku, aku tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Aku takut kepada Allah, Rabb seluruh alam.” (QS. Al Ma’idah : 28) 

Disebutkan dalam satu riwayat, Qabil memukulkan benda tumpul kepada Habil hingga meninggal dunia. Habil tidak melawan, padahal Habil sebenarnya lebih kuat dari Qabil. Rasa takut untuk berbuat dosa, mencegah Habil menggerakkan tangannya untuk membunuh Qabil. Sebagian ulama menyebutkan, setelah membunuh saudaranya, Qabil memanggul jasad Habil selama satu tahun.

Qabil merasa bersalah, sampai ia melihat seekor gagak yang diutus Allah, yang menggali lubang untuk menguburkan gagak yang lainnya. Pada saat itu Qabil berkata,

“..oh, celaka aku! Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, sehingga aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?’ Maka jadilah dia termasuk orang yang menyesal.” (QS. Al Ma’idah : 31)

Dan demikianlah kisah pembunuhan pertama kali yang terjadi di dunia, yang dilakukan oleh Qabil terhadap Habil karena dorongan hawa nafsu. Sehingga menyebabkan Qabil menjadi orang yang akan menanggung segala dosa membunuh yang dilakukan oleh manusia yang datang setelahnya, karena ia-lah yang telah mencontohkan pembunuhan tersebut.

Wallahu a’lam.

Referensi : Kisah Para Nabi, Ibnu Katsir (Ummul Qura : 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *