Peristiwa Terbelahnya Bulan

Alomuslim.com – Peristiwa terbelahnya bulan Sebagai seorang muslim yang telah bersyahadat bahwa Muhammad adalah Rasul utusan Allah, maka konsekuensinya adalah kita harus meyakini setiap perkataan yang beliau ucapkan, baik yang bersifat perintah maupun gambaran mengenai perihal ghaib merupakan kebenaran yang bersumber dari wahyu Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kita harus meyakininya tanpa boleh ada keraguan sedikitpun, karenaapabila masih ada sedikit keraguan di hati kita itu dapat mengurangi kadar keimanan.

Dalam hal ini adalah kita wajib mengimani peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi semasa Rasulullah  hidup, yang beliau sebutkan sebagai tanda-tanda dari hari Kiamat. Salah satu diantaranya adalah peristiwa terbelahnya bulan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

ٱقۡتَرَبَتِ ٱلسَّاعَةُ وَٱنشَقَّ ٱلۡقَمَرُ ١

“Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.” (Qs. Al Qamar : 1)

Peristiwa terbelahnya bulan ini sungguh telah terjadi pada masa Rasulullah ﷺ hidup dan disaksikan oleh para sahabat. Dalam sebuah riwayat yang disampaikan oleh Ibnu Mas’ud, dia berkata :

“Saat kami bersama Rasulullah di Mina, maka terbelahlah bulan menjadi 2 bagian. Satu bagian berada di belakang bukit Mina, sedangkan sebagian lagi di tempat lain. Maka Rasulullah bersabda, ‘Lihatlah! (kejadian ini)’.” (HR. Bukhari no. 4864, Muslim no. 2800)

Baca Juga : Tanda Dekatnya Hari Kiamat

Senada dengan yang disampaikan oleh Ibnu Mas’ud, Anas bin Malik radhiallahu anhumma juga pernah mengabarkan :

“Penduduk Mekkah meminta kepada Rasulullah agar diperlihatkan kepada mereka suatu mukjizat, maka beliaupun memperlihatkan kepada mereka terbelahnya bulan sebanyak 2 kali.” (HR. Bukhari no. 4867, Muslim no. 2802)

Dalil dari ayat Al Qur’an dan hadits diatas terdapat isyarat bahwa hari Kiamat sudah dekat dan masa kehancuran dunia beserta isinya akan segera datang. Sedangkan terpecahnya bulan merupakan salah satu pertanda diantara tanda-tanda tersebut. Dalam satu atsar, Ibnu Mas’ud pernah berkata :

“Lima pertanda (hari Kiamat) telah berlalu (dari kehidupan kita), yaitu runtuhnya kekaisaran Romawi, tragedi penyiksaan, (terbelahnya) bulan dan (munculnya) kabut atau asap.” (Tafsir Ibnu Katsir 4/262)

Sebagian manusia ada yang mengingkari hal tersebut. Mereka tidak mau mempercayainya sampai ada pembuktian secara ilmiah dari para ilmuwan abad modern yang terpercaya serta dengan segala bantuan peralatan yang mereka anggap canggih. Padahal cukuplah hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya sahabat yang meriwayatkan peristiwa terbelahnya bulan, dimana mereka tidak mungkin bersepakat dalam kebohongan.

Dan ternyata, ilmu pengetahuan modern yang diharapkan sebagaian orang yang mengingkari, membuktikan melalui hasil foto geologis tanda-tanda pernah terbelahnya bulan.

Maka ingatlah wahai umat muslim, hari Kiamat benar-benar sudah dekat. Mulai hari ini adalah finish dari segala perbuatan buruk, sedangkan besok adalah masa perlombaan dalam hal kebajikan.

Wallahu ‘Alam.

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Home

Prayers

Quran

Do'a

Qiblat