Perkataan Umar Bin Khaththab Yang Sesuai Dengan Kehendak Allah – Alomuslim

Perkataan Umar Bin Khaththab Yang Sesuai Dengan Kehendak Allah

Perkataan Umar Bin Khaththab

Alomuslim.com – Sebagian ulama menyebutkan bahwa sedikitnya ada dua puluh lebih perkataan Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, yang kemudian diikuti dengan turunnya wahyu yang menyatakan bahwa apa yang diucapkan Umar adalah benar dan menjadikannya sebagai dasar peletakan sebuah hukum.

Dalam hal ini Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu pernah berkata, ‘Sesungguhnya di dalam Al Qur’an terdapat pandangan yang asalnya merupakan pendapat Umar’. Tetapi hal ini tidak menjadikan sebab turunnya wahyu karena mengikuti perkataan Umar. Justru hal ini menunjukkan kebesaran Allah, yang memberikan kelebihan kepada Umar dalam perkataannya, karena sungguh Umar merupakan orang yang sangat menjaga dirinya dalam ketakwaan dan ia adalah seorang hamba yang mulia.

Kami akan sebutkan beberapa perkataan Umar yang bersesuaian dengan kehendak Allah sehingga Allah menurunkan ayat seperti yang Umar katakan. Dalam riwayat Imam Bukhari, dari Umar dia berkata :“Pendapatku bersesuaian dengan kehendak Allah dalam tiga hal : pertama, saya pernah berkata kepada Rasulullah, andaikata kita menjadikan Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat. Lalu turunlah ayat Allah, ‘Dan jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat. (QS. Al Baqarah : 125)

kedua, saya katakan kepada Rasulullah, ‘Ya Rasulullah, orang yang baik dan buruk perangainya masuk ke dalam rumah istri-istrimu, alangkah baiknya jika kau perintahkan mereka untuk berhijab. Kemudian turunlah ayat tentang hijab. 

Dan ketiga, para istri Rasulullah berkumpul karena dilanda rasa cemburu. Maka saya katakan semoga Allah menceraikan kalian semua dan Dia menggantinya dengan istri-istri yang lain yang lebih baik dari kalian. Lalu turunlah firman Allah tentang hal itu’.”

Imam Nawawi juga menambahkan tentang perkataan Umar dalam masalah haramnya minuman keras, Umar berkata, ‘Ya Allah, jelaskanlah kepada kami tentang minuman keras dengan keterangan yang memuaskan.’ Kemudian Allah menurunkan ayat tentang penjelasan keharaman minuman keras. (HR. Al Hakim)

Demikianlah diantara beberapa perkataan Umar bin Khaththab yang langsung direspon oleh Allah dengan menurunkan sebuah ayat untuk memberikan jawaban ataupun menjadikannya sebuah hukum. Sungguh ini merupakan salah satu keutamaan yang dimiliki Umar yang tidak dimiliki oleh para sahabat lainnya ataupun orang-orang sesudahnya.

Referensi : Tarikh Khulafa, Imam As-Suyuthi (Pustaka Al Kautsar : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *