Perniagaan Dengan Dua Malaikat
KISAH SAHABAT

Perniagaan Dengan Dua Malaikat – Kisah Ali bin Abi Thalib

Perniagaan Dengan Dua Malaikat – Ali bin Abi Thalib adalah seorang pemuda yang pemberani dan cerdas ia adalah sepupu Rasulullah, Ali juga merupakan menantu Rasulullah, Ali menikahi Fatimah Az Zahra putri kesayangan Rasul.

Setelah menikah Ali dan Fatimah hidup sangat sederhana, Namun mereka adalah orang orang yang dermawan mereka sangat ringan dalam bersedekah, pernah suatu ketika saat menjelang berbuka puasa mereka kedatangan tamu yang merupakan seorang janda dan anaknya yang sedang kelaparan,

Fatimah pun memberikan semua makanan yang mereka punyai bahkan ia tidak menyisakan makanan untuk anak anaknya berbuka, malamnya Rasulullah datang berkunjung dan beliau baru mengetahui jika cucu cucunya dan anak menantunya tidur dalam keadaan kelaparan,

lalu beliau pun mendoakan keberkahan dan keselamatan untuk keluarga anak nya. Karena kebaikan Ali dan Fatimah maka Allah pun memberikan rejeki untuk mereka melalui perniagaan yang melibatkan dua malaikat. Berikut kisahnya.

Suatu hari rumah Fatimah kedatangan seorang pengemis dan meminta sedekah padanya, maka Fatimah pun memberikan 25 dirham dari 50 dirham yang ia miliki. ditengah perjalanan pengemis itu pun bertemu Ali, kemudian Ali bertanya “Apakah engkau baru kembali dari rumahku?”

si pengemis pun mengangguk dan Ali kembali bertanya berapa yang pengemis itu dapat kan  si pengemis menjawab ia mendapatkan 25 dirham, mendengar itu Ali mengajak si pengemis itu kembali kerumahnya dan minta pada Fatimah untuk memberikan sisa 25 dirham yang mereka miliki.

Beberapa hari setelah kejadian tersebut ada seorang tamu yang menemui Ali, si tamu mengutarakan niatnya untuk menjual unta yang ia miliki dan menawarkan pada Ali. Meski pun saat itu Ali dan Fatimah tidak memiliki uang namun mereka tetap berusaha untuk membantu tamu nya. Ali pun menyanggupi untuk menolong orang itu, Ia berkata akan membeli unta tersebut hanya saja ia meminta tempo untuk melunasi nya.

Ali membawa unta itu berkeliling madinah ia berharap ada diantara kaum mukminin yang bersedia membeli untanya itu, tapi sampai siang berganti malam ia tidak menemukan pembelinya, Ali pun berniat pulang, ditengah perjalanan ia bertemu seorang laki laki dan bertanya untuk apa Ali membawa unta tersebut.

Ali menjelaskan bahwa ia ingin menjual unta tersebut dan menawarkan pada laki laki yang ditemui nya, orang itu pun menyetujui untuk membeli unta itu dengan harga yang lebih tingga dari yang pemilik unta berikan sehingga Ali bisa membayar hutangnya pada pemilik unta dan mendapatkan keuntungan untuk keluarganya.

Beberapa hari kemudian Ali bertemu Rasulullah, beliau menanyakan apakah Ali mengetahui siapa penjual dan pembeli unta itu, Ali tidak mengetahui orang orang tersebut dan Rasul pun menjelaskan “Laki laki yang menjual unta itu sebenarnya adalah Malaikat Jibril a.s. sementara laki laki yang membeli unta tersebut adalah malaikat Mikail a.s.”

Karena kemulian hati Ali dan Fatimah bahkan Allah mengutus dua malaikatnya untuk berniaga dengan Ali. Subhanallah…

Sumber : 40 kisah pengantar tidur, Ummu Ayesha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *