Pertanda Dekatnya Kiamat, Manusia Akan Sedikit Mengucapkan Kata Ini

Pertanda Dekatnya Kiamat

Alomuslim.com – Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Diantara tanda-tanda hari Kiamat adalah seorang laki-laki tidak akan mengucapkan salam kepada orang lain kecuali hanya kepada orang yang dia kenal.” (shahih. HR. Ahmad 3847)

Dalam riwayat lainnya, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, juga menyampaikan sebuah hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yang maknanya hampir sama.

“Diantara tanda-tanda hari Kiamat adalah mengucap salam hanya kepada orang-orang tertentu.” (shahih. HR. Ahmad 3896, Al Hakim 7043)

Ciri-ciri dari berbagai pertanda hari Kiamat pada dasarnya adalah munculnya berbagai perilaku yang bertentangan atau menyimpang dari apa yang telah ditetapkan syariat. Seperti misalnya ; senang berdusta, mempelajari ilmu dari orang bodoh, sikap berlebihan terhadap kemewahan dunia dan merajalelanya berbagai kemaksiatan, serta banyak lainnya. Mengenai pertanda yang satu ini, jelas hal ini juga merupakan salah satu penyimpangan perilaku atas apa yang telah ditetapkan oleh syariat.

Mengucapkan salam hanya kepada orang tertentu atau yang dikenal saja, menujukkan bahwa sangat sedikitnya kaum muslimin dalam menebarkan ucapan salam, dimana seharusnya mereka melakukan hal itu kepada semua saudaranya yang ditemui. Karena ucapan salam merupakan salah satu hal utama dalam agama ini, ia merupakan bagian dari menyebarkan kebaikan dan mendoakan keselamatan. Sudah selayaknya ucapan salam harus dilakukan kepada semua orang, bukan hanya kepada orang-orang tertentu atau yang dikenalnya saja.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, suatu kali pernah ditanya mengenai perbuatan yang paling utama dalam agama Islam, kemudian beliau menjawab :

“Memberi makan dan mengucap salam kepada orang yang engkau kenal atau tidak.” (HR. Bukhari no. 12, Muslim no. 39)

Maka, ketika mengucapkan salam hanya dilakukan kepada orang tertentu saja, jelas ini merupakan sebuah konsekuensi logis dari beberapa faktor penyebab kemunduran yang menggejala di tubuh umat Islam. Juga menjadi sebab meregangnya hubungan antara sesama kaum muslimin, hingga memunculkan berbagai perpecahan dan peperangan diantara kaum muslimin.

Tidaklah mengherankan, ketika Rasulullah memberikan gambaran pertanda hari Kiamat dengan sedikitnya ucapan salam diantara kaum muslimin, ternyata hal ini benar-benar terjadi. Dan mungkin, kita adalah orang-orang yang dimaksud oleh hadits tersebut. Sebab, pertanda yang satu ini gejalanya semakin merata di zaman kita sekarang ini. Jika anda ingin membuktikannya, cobalah berjalan di jalan yang ramai dilalui kaum muslimin, kemudian perhatikanlah, adakah diantara mereka yang akan saling mengucapkan salam?

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *