rajin sedekah pangkal kaya
AKHLAK, DASAR ISLAM

Rajin Sedekah Pangkal Kaya

Alomuslim.com – Kedermawanan merupakan ciri orang Islam, dan kemurahan hati adalah adat kebiasaannya. Seorang muslim tidak seharusnya berlaku kikir dan bakhil, karena keduanya merupakan akhlak tercela, yang bersumber dari jiwa yang kotor dan hati yang gelap.

Umat muslim hari ini telah dibutakan dengan slogan dari orang-orang diluar Islam yang salah satunya yakni, Menabung Pangkal kaya. Sehingga banyak umat muslim terhasut, dan merasa harus menyisihkan uangnya untuk ditabung. Padahal syariat Islam tidaklah mengajarkan demikian. Syariat Islam justru mengajarkan yang sebaliknya, yakni Sedekah Pangkal Kaya.

Banyak umat muslim yang berpikir negatif terhadap sedekah. Kemudian mereka menjadi orang yang kikir dan bakhil, yang enggan untuk menyedekahkan uangnya. Karena mereka merasa bersedekah tidak memberikan keuntungan bagi diri mereka.

Sesungguhnya mereka telah meragukan atas kebenaran janji Allah Subhanahu wa Ta’ala mengenai balasan atas orang-orang yang bersedekah. Allah berfirman :

“Perumpamaan orang yang menginfakan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

Allah menjanjikan balasan hingga tujuh ratus kali lipat atas apa yang disedekahkan, meskipun yang disedekahkan itu hanya harta yang amat sedikit. Bagaimana jika yang disedekahkan harta yang banyak? Bukankah anda akan menjadi kaya karenanya? Berapa persen keuntungan yang dijanjikan oleh pihak bank jika anda menyimpan uangnya kepada mereka? Sama besarkah atau lebih sedikit?

Sungguh perniagaan dengan Allah pasti selalu menguntungkan bagi seorang hamba. Maka janji siapakah yang lebih pasti? Apakah janji Allah atau orang-orang yang menganjurkan anda untuk menabung di Bank?

Referensi : Al Qur’an Al Karim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *