Riba, Dosanya Ngeri Banget – Alomuslim

Riba, Dosanya Ngeri Banget

riba dosanya ngeri banget

Riba, Dosanya Ngeri Banget – Berbagai kemudahan transaksi keuangan yang ditawarkan oleh perbankan membuat umat islam terbuai. Dengan sebutan yang bagus nan indah, semakin membius umat islam tenggelam dalam kubangan dosa dan tak kuasa lepas dari jeratnya, sebut saja dia BUNGA.

Berbagai transaksi keuangan yang dipraktekkan oleh lembaga perbankan maupun lembaga bantuan keuangan tidak lepas dari Bunga, mulai dari berbagai produk pinjaman atau hutang, simpanan keuangan, kredit untuk pembayaran transaksi belanja, kredit kepemilikan kendaraan, hingga kepemilikan rumah.

Riba Dalam Pandangan Islam

Bunga dalam transaksi keuangan sejatinya adalah Riba. Riba dalam bahasa arab berarti bertambah, maka segala sesuatu yang bertambah dinamakan riba. Pada prakteknya, segala transaksi yang terjadi penambahan yang dibebankan kepada pihak berhutang termasuk dalam riba. Teks Al Qur’an dengan sangat jelas menyatakan haramnya riba, Allah berfirman :

…وَأَحَلَّ ٱللَّهُ ٱلۡبَيۡعَ وَحَرَّمَ ٱلرِّبَوٰاْ…. ٢٧٥

Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al Baqarah : 275)

Lebih tegas lagi, Allah menyatakan perang dengan pelaku riba, dalam firmanNya :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَذَرُواْ مَا بَقِيَ مِنَ ٱلرِّبَوٰٓاْ إِن كُنتُم مُّؤۡمِنِينَ ٢٧٨

فَإِن لَّمۡ تَفۡعَلُواْ فَأۡذَنُواْ بِحَرۡبٖ مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦۖ وَإِن تُبۡتُمۡ فَلَكُمۡ رُءُوسُ أَمۡوَٰلِكُمۡ لَا تَظۡلِمُونَ وَلَا تُظۡلَمُونَ ٢٧٩

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meniggalkan sisa riba) maka ketahuilah bahwa Allah dan RasulNya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.” (QS. Al Baqarah : 278-279)

Sungguh siapakah yang berani berperang dengan Allah dan RasulNya?

Rasulullah juga mengancam umatnya yang berani memakan riba dengan pernyataan yang sangat tegas :

sesungguhnya 1 dirham yang didapatkan oleh seorang laki-laki dari hasil riba lebih besar dosanya disisi Allah dari pada berzina 36 kali.” (HR. Ibnu Abi Dunya)

Begitu besarnya dosa riba ini, sampai-sampai Rasulullah melaknat tidak hanya pelakunya, :

Rasulullah mengutuk orang yang makan harta riba, yang memberikan riba, penulis transaksi riba dan kedua saksi transaksi riba. Mereka semuanya sama (Berdosa).” (HR. Muslim)

Mau?

Wallahu ‘alam

Referensi :

  • Harta Haram Muamalat Kontemporer, DR. Erwandi Tarmizi, MA (BMI Publishing : 2016)
  • 76 Dosa Besar, Al Imam Al Hafizh adz Dzahabi (Darul Haq : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *