Rukun Dalam Ibadah Umrah

rukun dalam ibadah umrah

Alomuslim.com – Sebagaimana dalam pelaksanaan ibadah haji, ketika melaksanakan ibadah umrah juga terdapat beberapa rukun yang sama dengan ibadah haji. Apabila dalam ibadah haji terdapat empat rukun, maka dalam pelaksanaan ibadah umrah hanya terdapat tiga rukun, yakni Ihram, Thawaf dan Sa’i.

Rukun Dalam Ibadah Umrah

Adapun Wuquf di Arafah merupakan kekhususan dalam ibadah haji, dan rukun inilah yang membedakan antara ibadah haji dengan umrah.

Berikut penjelasan singkat mengenai pelaksanaan rukun dalam ibadah umrah :

1. Ihram

Ihram merupakan niat untuk melaksanakan ibadah umrah dari miqat (tempat yang telah ditentukan syariat) disertai dengan mengenakan pakaian ihram dan mengucapkan kalimat talbiyah. Adapun untuk orang yang berihram tidak diperbolehkan mengenakan pakaian yang berjahit.

2. Thawaf

Thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran dengan cara-cara tertentu. Hendaknya ketika melakukan thawaf dengan memulainya dari Hajar Aswad dan mengakhirinya di Hajar Aswad, sementara Ka’bah berada di sisi kirinya. Adapun bagi laki-laki disunnahkan untuk berlari-lari kecil pada tiga putaran pertama. Namun apabila hal itu memberatkan, bukan karena alasan untuk bermalas-malasan, maka tidak harus memaksakan untuk mengerjakannya.

3. Sa’i

Sa’i adalah berjalan diantara bukit Shafa dan Marwah secara pulang-pergi dengan niat ibadah, terdiri dari tujuh putaran yang dimulai dari Shafa dan diakhiri di Marwah. Sebaiknya membaca doa diantara Shafa dan Marwa, sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, “Rabbighfir warham, innaka antal a’azzul akran.” (Ya Allah, ampunilah dan sanyangilah aku, sesungguhnya Engkau Maha Agung dan Maha Mulia).

Demikianlah ringkasan rukun dalam ibadah umrah, untuk mengetahui penjelasan yang lebih luas, silahkan membacanya pada beberapa artikel yang telah kami buat dalam pembahasan mengenai rukun ibadah haji.

Referensi :

  • Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)
  • Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza’iri (Darul Haq : 2016)
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
10 pembatal keislaman
Read More

10 Pembatal Keislaman

Alomuslim.com – 10 Pembatal Keislaman Seorang muslim tidak boleh merasa aman dan yakin bahwa dirinya tidak akan keluar dari agama…