Rukun Ibadah Haji Keempat
DASAR ISLAM, HAJI

Rukun Ibadah Haji Keempat : Wuquf Di Arafah

Alomuslim.com – Pengertian wuquf di Arafah adalah berdiamnya jamaah haji di Kawasan Arafah dengan syarat-syarat dan hukum-hukum yang telah ditentukan. Wuquf di Arafah merupakan salah satu rukun yang paling mendasar diantara rukun-rukun haji yang ada, dan khusus bagi jamaah yang tidak melaksanakannya, maka hajinya tidak sah.

Wuquf sebagai rukun dalam ibadah haji ditetapkan dengan beberapa dalil dari Al Qur’an, Sunnah dan ijma’ ulama.

  • Dalil Al Qur’an berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, “Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak (Arafa)…” (QS. Al Baqarah : 199)

    Telah ditetapkan bahwa ayat ini turun memerintahkan manusia agar melakukan wuquf di Arafah.

  • Dalil dari Sunnah, ada beberapa hadits yang menjelaskan penetapan wuquf sebagai rukun haji, diantaranya hadist Abdur Rahman bin Ya’mar, bahwa Nabi shallallahu alaihi was sallam memerintahkan kepada seorang penyeru untuk menyeru bahwa haji adalah Arafah, barangsiapa datang pada malam, barang siapa datang pada malam Jam’ sebelum matahari terbit, maka hajinya sah. (shahih. HR. Abu Dawud no. 933, At Tirmidzi no. 590, An Nasa’i 5/263 dan Ibnu Majah no. 3015)
  • Beberapa ulama menukil sebuah ijma’ (kesepakatan) bahwa wuquf merupakan salah satu rukun haji, dan barangsiapa yang tidak melaksanakannya, maka dia harus melaksanakannya pada tahun berikutnya.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *