Sebab Rusaknya Akhlak Umat Muslim

Sebab Rusaknya Akhlak Umat Muslim – Kondisi masyarakat kita semakin memperihatinkan, banyak orang yang mulai mengeluh dengan rusaknya akhlak sebagian besar umat muslim. Korupsi mengakar kuat dalam setiap lini kehidupan, pergaulan bebas dan narkoba sebagai bentuk kenakalan remaja semakin sulit terkendali, perselingkuhan kerap mewarnai lika-liku kehidupan rumah tangga, dan banyak lagi contoh perilaku yang terjadi akibat buruknya akhlak.

Mengeluh bukanlah solusi, justru mengeluh cuma akan menguras energi kita, untuk terjebak memikirkan hal-hal yang tidak produktif. Seharusnya kita mulai berpikir untuk menemukan sumber masalah dan mencarikan solusinya. Tahukah Anda, bahwa semua kerusakan akhlak berawal dari sikap pembiaran kita terhadap berbagai perilaku menyimpang tersebut?

Baca Juga : Begitu Mulianya Akhlak Islami

Fenomena sikap cuek masyarakat kita terhadap pelanggaran ataupun perilaku buruk inilah yang menjadi awal dari bencana besar rusaknya akhlak umat muslim saat ini. Padahal Allah  telah memerintahkan kepada setiap umat muslim untuk saling menyeru pada kebaikan dan mencegah dari yang munkar. Allah  berfirman, yang artinya :

[su_quote]“Dan hendaklah di antara kalian ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar.” (QS. Ali Imran : 110)[/su_quote]

Rasulullah  juga telah berpesan kepada umatnya untuk menegur ketika melihat kemunkaran, sebagaimana sabda beliau , :

“Barangsiapa diantara kalian melihat kemunkaran, maka rubahlah dengan tangannya. Bila tidak mampu, maka dengan lisannya. Bila tidak mampu, maka dengan hatinya. Dan itu adalah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim)

Seorang muslim bersaudara dengan muslim lainnya, oleh sebab itu ia tidak boleh berdiam diri ketika melihat saudaranya melakukan perbuatan maksiat, ia harus menasihatinya agar berhenti melakukannya karena nasihat adalah inti dari ajaran islam. Allah  memerintahkan setiap umat muslim untuk saling tolong menolong dalam kebaikan, seperti yang difirmankan dalam Al Qur’an, yang artinya :

[su_quote]“Dan tolong-menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa.” (QS. Al Ma’idah : 2)[/su_quote]

Wahai umat muslim, mari kita saling menyeru pada kebaikan dan mencegah dari segala kemunkaran, berhenti bersikap cuek terhadap perilaku buruk yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kita. Semoga dengan kebaikan kecil yang kita lakukan akan bermanfaat untuk mencegah kerusakan akhlak yang lebih besar.

Referensi :

  • Riyadhus Shalihin, Imam An Nawawi (Darul Haq : 2017)
  • WhatsApp Broadcast Nasihat Ustadz Abdullah Zaen, LC., MA.

Leave a Comment