Sahabat Yang Terakhir Kali Menyentuh Nabi SAW – Alomuslim

Sahabat Yang Terakhir Kali Menyentuh Nabi SAW

sahabat yang terakhir kali menyentuh nabi

Sahabat Yang Terakhir Kali Menyentuh Nabi SAW – Banyak di antara kita yang tahu kapan Nabi dilahirkan, kapan dan di mana beliau diwafatkan, dan siapa saja isteri dan anak beliau. Namun, tidak banyak yang tahu siapa kah yang terakhir kali menyentuh Nabi Muhammad Saw.

Persoalan menyentuh Nabi tidak sesederhana yang kita bayangkan karena Nabi Saw adalah orang istimewa, bahkan ada salah seorang sahabat yang dengan bangganya mengaku sebagai orang yang terakhir menyentuh beliau, dia adalah al-Mughirah bin Syu’bah. Lantas benarkah klaim tersebut?

Tentang siapa manusia terakhir yang beruntung menyentuh Rasulullah memang terdapat sedikit perdebatan. Perdebatan tersebut diutarakan oleh Ibn Hisyam dalam karyanya Sirah Ibn Hisyam, sebuah karya tentang sejarah hidup Rasulullah SAW.

Ibn Hisyam menyebut bahwa Al-Mughirah bin Syu’bah mengaku kalau dialah orang yang terakhir kali menyentuh Rasulullah SAW. Saat itu Rasulullah SAW tengah di makamkan dan telah di letakkan di dalam lahat beliau.

Secara sengaja Al-Mughirah bin Syu’bah menjatuhkan cincinnya agar ia memiliki alasan untuk mengambilnya lalu kemudian ia berkesempatan untuk menyentuh Rasulullah SAW yang terakhir kalinya. Kabar ini didapatkan Ibn Hisyam dari riwayat yang bersumber dari al-Mughirah. Riwayat ini dapat juga dijumpai di Thabaqat Ibn Sa’d, Ansab al-Asyraf, dan Tarikh Islam.

Dalam keterangan lain, Ali bin Abu Thalib RA didatangi beberapa orang dari Irak. Mereka bertanya: “Wahai Abu Hasan, kami ingin bertanya sesuatu hal yang penting.” Ali bin Abu Thalib berkata: “Firasatku menyatakan bahwa Al-Mughirah bin Syu’bah telah berbicara dengan kalian bahwa dialah orang terakhir kali yang menyentuh Rasulullah ?” Mereka menjawab: “Benar! Dan untuk tujuan inilah kami datang menemuimu.” Ali bin Abu Thalib berkata: “Itu tidak benar. Orang yang terakhir kali menyentuh Rasulullah ialah Qutsam bin Al-Abbas.”

Riwayat yang pertama agaknya telah mendapatkan klarifikasi dari ‘Ali bin Abi Thalib secara langsung. Alasannya sangat jelas, bahwa ‘Ali bin Abi Thalib adalah orang yang ikut mempersiapkan pemakaman Rasulullah SAW dari awal hingga akhir sehingga ia adalah orang yang sangat tau kondisi saat itu.

Ditambah lagi dalam keterangan lain disebutkan bahwa riwayat yang pertama, yang berasal dari Al-Mughirah bin Syu’bah dianggap terputus oleh ‘Umar ‘Abd al-Salam. Oleh sebab itu riwayat tersebut dianggap lemah dan tidak bisa dibenarkan.

Demikian penjelasan tentang siapa orang yang terakhir kali menyentuh Nabi SAW, jawabannya adala Qutsam bin ‘Abbas bin ‘Abd al-Muthallib.

Wallahu a’lam.

Sumber: Sirah Ibn Hisyam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *