Seorang Muslim Harus Menepati Janji – Alomuslim

Seorang Muslim Harus Menepati Janji

seorang muslim harus menepati janji

Seorang Muslim Harus Menepati Janji – Terkadang lisan kita dengan sangat mudah mengucapkan kata-kata janji kepada orang lain, baik dengan maksud bersungguh-sungguh maupun sekedar untuk menyenangkan hati orang tersebut. Contoh paling umum dan sederhana yang sering terjadi adalah dalam hal janji untuk datang memenuhi undangan atau janji berkumpul dan bertemu ditempat serta waktu yang sudah disepakati.

Lisan kita mengucapkan akan datang dan memenuhi janji tersebut, tapi terkadang hati kita sebenarnya menolak. Sehingga seringkali kita mendengar orang mengucapkan kata Insyaa Allah tapi dengan maksud menutupi keinginannya untuk menghindari janji tersebut.

Baca Juga : Begitu Mulianya Akhlak Islami

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menjadi orang-orang yang senantiasa memenuhi janji. Sungguh sangat berat ancaman atas perilaku orang-orang yang berjanji namun dia bermaksud untuk mengingkarinya sebagaimana firman Allah ﷻ :

“Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji.” (QS. Al Ma’idah : 1)

Dalam surat yang lain, Allah ﷻ juga berfiman :

“Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kalian mengatakan apa yang tidak kalian kerjakan? Amat besar kebencian disisi Allah bahwa kalian mengatakan apa-apa yang tidak kalian kerjakan.” (QS. Ah Shaff : 2-3)

Sangat buruklah perilaku ingkar janji tersebut. Terlebih ketika melakukannya memang dengan maksud untuk berdusta atau berbohong kepada oranglain. Maka berhati-hatilah ketika kita sudah terperangkap pada perilaku tersebut, karena bisa jadi dalam hati kita sudah tertanam bibit kemunafikan, sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu :

“Tanda-tanda orang munafik ada tiga : Apabila berbicara, dia berdusta, apabila berjanji, dia mengingkari dan apabila dipercaya, dia berkhianat.” (Muttafaq ‘alaih)

Semoga Allah ﷻ menjauhkan kita dari sifat munafik dan meneguhkan hati kita diatas syariat-Nya yang lurus.

Referensi : Riyadhus Shalihin, al Imam An Nawawi (Darul Haq : 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *