Seorang Rasul Pertama
KISAH NABI DAN RASUL, KISAH PARA RASUL

Seorang Rasul Pertama Yang Berasal Dari Keturunan Arab

Alomuslim.com – Setelah masa Nabi Nuh berlalu, umat manusia kembali membangun peradabannya dan menjadi bangsa-bangsa yang mendiami wilayah-wilayah baru yang sudah tidak berpenghuni. Umat manusia seluruh bangsa-bangsa yang ada ketika itu, hingga hari ini, merupakan berasal dari keturunan Nabi Nuh.

Setelah berlalu beberapa generasi dari masa Nabi Nuh, umat manusia mulai meninggalkan ajaran Nabi Nuh dan kembali berbuat kesyirikan dengan menyembah patung-patung. Kemudian Allah mengutus seorang Rasul untuk memperingati mereka agar kembali mengikuti ajaran Nabi Nuh, untuk hanya beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seorang Rasul yang Allah utus ini berasal dari keturunan Sam putra Nuh, dari bangsa Arab, yakni Nabi Hud alaihissallam. 

Nabi Hud adalah Rasul pertama yang diutus kepada suatu kaum setelah Nabi Nuh. Nabi Hud diutus kepada Kaum Ad, yang berasal dari kabilah Ad bin Aush bin Sam putra Nabi Nuh. Kaum Ad adalah bangsa Arab yang tinggal di pegunungan-pegunungan pasir di Yaman, tepatnya antara Oman dan Hadramaut, di kawasan sepanjang pantai bernama Syahar. Lembah mereka bernama Mughits.

Kaum Ad merupakan orang-orang pertama yang menyembah patung-patung setelah banjir besar pada masa Nabi Nuh. Adapun tiga patung yang mereka sembah sebagai berhala bernama : Sadd, Samud dan Hera.

Nabi Hud menjadi seorang Rasul pertama yang berasal dari keturunan Arab yang di utus oleh Allah untuk berdakwah kepada suatu kaum. Karena sepanjang diutusnya para Nabi dan Rasul, hanya ada empat orang Rasul yang berasal dari keturunan Arab, yakni : Nabi Hud, Nabi Shalih, Nabi Syu’aib dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 

Adapun sebagian besar Nabi dan Rasul, dari semenjak Nabi Ibrahim hingga Nabi Isa, sebagian besarnya berasal dari Bani Israil (keturunan Nabi Ya’qub putra Nabi Ishaq putra Nabi Ibrahim). Sementara Nabi Isma’il bin Ibrahim juga dianggap sebagai Nabi bangsa Arab, hanya saja beliau bukanlah seorang Nabi keturunan Arab. Hanya saja Nabi Isma’il adalah orang pertama yang fasih berbahasa Arab, bahkan lebih fasih dari kabilah-kabilah Arab asli.

Referensi : Kisah Para Nabi, Ibnu Katsir (Ummul Qura : 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *