seperti shalat semalam penuh
DASAR ISLAM, SHALAT

Seperti Shalat Semalam Penuh

Seperti Shalat Semalam Penuh – Sholat merupakan ibadah yang waktunya telah ditetapkan, sehingga tidak dibenarkan melakukan sholat diluar waktu yang telah ditentukan kecuali ada udzur syar’i dan didukung dengan dalil shahih yang membolehkan hal tersebut. Setiap ibadah sholat memiliki keutamaan masing-masing dan berbeda-beda dalam imbalannya. Tahukah anda bahwa ada satu sholat yang memiliki balasan seperti menunaikan ibadah sholat semalam penuh?

Ibadah sholat yang memiliki imbalan seperti sholat semalam penuh adalah Sholat Tarawih. Sholat tarawih merupakan termasuk qiyamul lail atau sholat malam, akan tetapi sholat tarawih memiliki ke khususan yakni hanya dilaksanakan ketika bulan Ramadhan dan dikerjakan bersama imam atau secara berjama’ah. Dalil yang menjelaskan tentang keutamaan sholat tarawih adalah hadits dari Abu Dzar, Nabi ﷺ pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya, lalu Beliau bersabda :

“Siapa yang sholat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. An Nasa’i No. 1605, Tirmidzi No. 806, Ibnu Majah No. 1327)

Baca Juga : Doa Setelah Shalat Taraweh

Hadits tersebut sekaligus merupakan anjuran agar kaum muslimin mengerjakan sholat tarawih secara berjama’ah dan mengikuti imam hingga selesai untuk mendapatkan imbalan seperti sholat semalam penuh.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *