shalat ied
DASAR ISLAM, SHALAT

Apakah Shalat Ied Dilaksanakan Di Masjid Atau Tanah Lapang ?

Alomuslim.com Sebagian umat muslim pada zaman ini, sering kali terlibat dalam sebuah perselisihan yang hampir tidak berujung, dimana mereka sama-sama saling berpegang dengan pendapatnya. Sementara sebagian umat muslim lainnya, mereka lebih mencari aman untuk menghindari perselisihan tersebut dan tidak mempermasalahkannya.

Adapun perkara yang diperselisihkan tersebut yakni, apakah shalat Ied lebih baik dikerjakan di masjid atau tanah lapang?

Golongan pertama berpendapat, shalat Ied harus dikerjakan di tanah lapang. Karena Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam selalu melaksanakan shalat hari raya, baik Iedul Fithri maupun Iedul Adha di tanah lapang. Seperti yang disampaikan oleh Abu Sa’id Al Khudri, dia berkata,

‘Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa berangkat pada hari raya Iedul Fithri dan Iedul Adha ke tanah lapang tempat shalat..” (HR. Bukhari no. 956, Muslim no. 889 dan An-Nasa’I III/187)

[irp posts=”3036″ name=”Hikmah Disyariatkannya Shalat Ied”]

Padahal Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat tinggal dekat dari Masjid Nabawi, bahkan disebutkan bahwa shalat di masjid Nabawi lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram. (HR. Bukhari no. 1190, Muslim no. 1394)

Meskipun memiliki keutamaan yang sangat besar, namun Rasulullah memilih untuk meninggalkan shalat di Masjid Nabawi dan berangkat ke tanah lapang untuk shalat Ied. Hal ini yang kemudian ditanyakan oleh para ulama golongan pertama ini, kenapa Rasulullah harus shalat di tanah lapang, sementara shalat di Masjid Nabawi lebih baik seribu kali dari tempat lainnya?

Ada sebuah hikmah kenapa umat muslim harus shalat Ied di tanah lapang. Karena salah satu tujuan dari pelaksanaan shalat Ied di tanah lapang adalah agar kaum muslimin dapat berkumpul dalam jumlah yang banyak di satu tempat serta berbahagia dan merayakan hari raya Bersama. Meskipun bagi wanita yang sedang haid, ia tetap bisa ikut berkumpul.

[irp posts=”2491″ name=”Apabila Hari Raya Ied Bertepatan Dengan Hari Jum’at”]

Namun golongan kedua juga memiliki pendapat yang bisa dikuatkan. Kondisi saat ini di beberapa negara muslim sedikit sekali tanah lapang yang dapat digunakan untuk shalat Ied, sehingga mereka berpendapat untuk melaksanakan shalat Ied di Masjid agar syiar Islam dalam berhari raya tidak turut hilang karena tidak ada tanah lapang.

Maka shalat di masjidpun dibolehkan menurut pendapat para ulama. Namun tetap lebih utama melaksanakannya di tanah lapang.

Referensi : Meneladani Rasulullah Dalam Berpuasa & Berhari Raya, Syaikh Ali bin Hasan bin Ali al-Halabi (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *