sikap seorang anak
DASAR ISLAM, KELUARGA

Sikap Seorang Anak Ketika Ibunya Ingin Dinikahi Oleh Laki-Laki Non Muslim

Pertanyaan :

Ibu saya ingin dinikahi oleh laki-laki yang berbeda agama. Ibu saya bilang tidak apa-apa, alasannya karena sudah sayang dengan laki-laki tersebut. Sebagai anak, bagaimana sebaiknya saya menyikapi hal tersebut?

Jawaban :

Anda harus menasehati Ibu anda. Meskipun ibu anda mengatakan sangat sayang kepada laki-laki non muslim tersebut, namun alasan tersebut tidak bisa menjadi sebab yang dibenarkan untuk keduanya dapat menikah. Karena jika sampai terjadi pernikahan antara keduanya, dimana keadaan laki-laki tersebut belum memeluk Islam, maka pernikahannya batal.

Dan jika diteruskan, apabila sampai terjadi hubungan suami Istri, maka perbuatannya akan disamakan dengan zina. Dan akan menjadi dosa sepanjang usia rumah tangganya sampai keduanya berpisah atau laki-laki tersebut memeluk Islam. Sebab laki-laki non muslim tidak halal bagi wanita muslimah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

لَا هُنَّ حِلٌّ لَهُمْ وَلَا هُمْ يَحِلُّونَ لَهُنَّ

“Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka” (QS. Al-Mumtahanah : 10)

Apabila anda tidak mampu menasehati ibu anda, maka ajak keluarga untuk menasehatinya atau undang Ustadz untuk menasehatinya. Jangan biarkan ibu anda menikahi laki-laki non muslim, kecuali laki-laki tersebut bersedia untuk memeluk Islam. Tetapi juga anda harus menasehati laki-laki tersebut, agar tidak memeluk Islam hanya untuk tujuan agar bisa menikahi ibu anda.

Semoga Allah mudahkan urusan anda.

Wallahu a’lam bishawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *