sosok istri rasulullah
KISAH SAHABAT

Inilah Sosok Istri Rasulullah Di Dunia Dan Akhirat

Alomuslim.com – Inilah Sosok Istri Rasulullah Di Dunia Dan Akhirat  Apakah anda tahu siapa sosok wanita yang menjadi istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di dunia dan akhirat? Semasa hidup, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah menikahi 12 orang wanita sebagai istrinya. Diantara para istri beliau, masing-masing memiliki keutamaan.

Namun diantara istri yang paling utama adalah Khadijah binti Khuwailid radhiallahu ‘anha. Khadijah merupakan istri beliau  yang paling pertama dan paling dicintai, dan semasa hidupnya Rasulullah tidak menikahi wanita lain. Dengan pernikahan dari Khadijah radhiallahu ‘anha, Rasulullah  dikaruniai beberapa orang anak.

Setelah wafatnya Khadijah, Rasulullah  menikahi seorang janda yang usianya sudah tua bernama Saudah binti Zam’ah. Setelah satu tahun lebih pernikahannya dengan Saudah, kemudian Rasulullah meminang seorang gadis dari anak sahabatnya yang paling mulia. Dialah satu-satunya wanita yang dinikahi oleh Rasulullah dalam keadaan masih gadis,

yaitu ‘Aisyah binti Abu Bakar radhiallahu ‘anha. ‘Aisyah dinikahi oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam usia yang masih sangat belia, yakni ketika masih berusia 6 tahun. Dan dialah sosok wanita yang menjadi  istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam  di dunia dan akhirat.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menikahi ‘Aisyah pada bulan Syawwal tahun 11 setelah kenabian, saat ‘Aisyah masih berusia 6 tahun. Akan tetapi pada saat itu ia masih tinggal bersama keluarganya, baru ketika usianya 9 tahun, ia tinggal serumah dengan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, setelah berhijrah ke Madinah. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha :

“Rasulullah menikahiku saat aku berusia 6 tahun. Dan beliau berkumpul bersamaku ketika aku berusia 9 tahun.” (HR. Bukhari no. 3894, Muslim 1322, dalam riwayat yang panjang)

Keputusan Rasulullah untuk menikahi ‘Aisyah berdasarkan petunjuk wahyu yang datang kepada beliau. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melihatnya dalam mimpi selama tiga malam. Dalam mimpi tersebut Jibril alaihissalam datang dengan membawa gambar ‘Aisyah. Sebagaimana yang diceritakan oleh ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Aku bermimpi selama tiga malam. Malaikat datang kepadaku dengan membawa gambarmu dalam sepotong kain sutra seraya berkata, ‘Inilah istrimu.’ Lalu, aku buka kain penutup wajahmu, ternyata itu adalah gambarmu. Saat itu aku bergumam, jika ini kehendak Allah, maka pasti terlaksana.” (HR. Bukhari no. 3895, Muslim no. 2438, Ahmad 6/41)

Dalam riwayat yang lain, ‘Aisyah radhiallahu ‘anha berkata bahwa malaikat Jibril datang kepada Nabi  (dalam mimpi) dengan membawa gambarnya dalam sepotong kain sutra hijau seraya berkata, Inilah istrimu di dunia dan akhirat.’ (HR. Tirmidzi no. 3880)

Meskipun tidak dapat menggantikan sosok Khadijah disisi Rasulullah, akan tetapi ‘Aisyah memiliki keutamaan yang membuat Rasulullah amat mencintainya diantara para istri yang lainnya. Rasulullah mendidiknya dengan ilmu, hikmah dan akhlak. Hingga ‘Aisyah tumbuh menjadi sosok wanita yang cerdas, bahkan menjadi rujukan dari para sahabat mengenai beberapa hukum seputar masalah rumah tangga dan yang lainnya.

Dirinya juga menjadi salah seorang yang banyak meriwayatkan hadits dari Rasulullah, sekitar 2200-an hadits yang diriwayatkan darinya. Namun sayang dari pernikahan ini, Rasulullah tidak dikaruniai seorang anak.

Wallahu ‘Alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *