Sosok Sahabat Rasulullah Yang Paling Mulia

Sosok Sahabat Rasulullah Yang Paling Mulia

Alomuslim.com – Disebutkan dalam sejarah, orang-orang yang dimasukkan dalam kategori sahabat berjumlah seratus ribu orang lebih, berdasarkan jumlah orang yang hadir dalam peristiwa haji wada’ (haji perpisahan). Adapun orang-orang yang bisa disebut sebagai sahabat adalah orang berjumpa dengan Nabi shallallahu alaihi was sallam, beriman kepadanya dan wafat dalam keadaan Islam.

Terdapat banyak sosok sahabat yang mulia, diantaranya ada orang-orang yang telah dijamin masuk Surga, sahabat yang meriwayatkan ribuan hadits, para panglima-panglima perang yang memimpin pasukan dalam menaklukan negeri-negeri kafir dan juga orang-orang yang memiliki akhlak serta amal ibadah yang sangat luar biasa.

Tetapi diantara mereka semua ada satu orang sahabat yang paling mulia, yang selalu membenarkan perkataan Rasulullah disaat yang lain ragu, sosok yang senantiasa mendampingi Rasulullah, bahkan ketika peristiwa Hijrah ke Madinah, sosok sahabat yang yang sangat dicintai oleh Rasulullah, dia adalah Abu Bakar Ash Shidiq radhiallahu anhu.

Abu Bakar termasuk orang yang pertama kali masuk Islam. Namanya adalah Abdullah bin Abi Quhafah Utsman bin Amir bin Amr. Namun ia lebih dikenal dengan sebutan Atiq daripada Abdullah, karena ia dianggap orang yang telah terbebas dari api neraka atau ada juga yang menyebutkan karena Abu Bakar memiliki wajah yang tampan.

Abu Bakar dilahirkan dua tahun dua bulan setelah Rasulullah shallallahu alaihi was sallam dilahirkan. Dia tumbuh dan besar di Mekah dan tidak pernah keluar dari Mekah kecuali dalam urusan dagang dan hijrahnya ke Madinah Bersama Rasulullah shallallahu alaihi was sallam.

Abu Bakar termasuk salah seorang sahabat yang kaya raya, tetapi juga merupakan seorang sahabat yang paling senang bersedekah, bahkan selalu bersegera setiap kali datang kesempatan bersedekah. Pernah diriwayatkan bahwa Abu Bakar bersedekah dengan seluruh hartanya untuk kepada Rasulullah, tidak meninggalkan apapun untuk keluarganya kecuali Allah dan Rasul-Nya. Abu Bakar juga merupakan orang yang sangat senang membeli budak muslim yang kemudian ia bebaskan, salah satu budak yang pernah ia bebaskan adalah sahabat mulia Bilal bin Rabah.

Sangat banyak kemuliaan yang dimiliki oleh Abu Bakar, bahkan derajat mengalahkan para sahabat yang ada. Pernah suatu kali Umar bin Khaththab radhiallahu anhu memuji Abu Bakar dengan mengatakan, ‘Jika iman seluruh manusia di bumi di timbang niscaya akan lebih berat timbangan iman Abu Bakar Ash Shidiq.’

Itulah sosok sahabat Rasulullah yang paling mulia diantara yang lainnya, yang merupakan mertua Nabi dan juga orang yang dipilih untuk mendampingi hijrahnya Rasulullah ke Madinah, dia adalah Abu Bakar Ash Shidiq.

Referensi : Tarikh Khulafa, Imam As-Suyuthi (Pustaka Al Kautsar : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *