Sudahkah Anda Membayar Kafarat Puasa Ramadhan
DASAR ISLAM, PUASA

Sudahkah Anda Membayar Kafarat Puasa Ramadhan ?

Alomuslim.com – Bagi orang Islam, yang pada saat puasa Ramadhan melakukan pelanggaran, dengan berhubungan intim suami-istri atau makan dan minum disiang hari dengan sengaja, sudahkan anda membayar kafarat (denda) atas perbuatan tersebut?

Kafarat (denda) adalah sesuatu yang dapat menghapus dosa yang diakibatkan melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya. Kaum muslimin banyak yang masih menyepelekan perkara kafarat ini, dan merasa aman dengan meninggalkanya. Padahal hal tersebut wajib bagi diri mereka untuk menebus perbuatan dosanya.

Kafarat dapat ditunaikan dengan melakukan salah satu dari tiga hal berikut ini :

  1. Memerdekakan seorang budak yang beriman,
  2. Puasa dua bulan berturut-turut, atau,
  3. Memberi makan enam puluh orang miskin, setiap orang miskin diberikan sebesar 544 gram bahan makanan pokok.

Untuk hal yang pertama, hari ini sudah tidak ditemukan lagi perbudakan, maka dua hal berikutnyalah yang dapat dikerjakan untuk membayar kafaratnya.

Hikmah dari diperintahkannya kafarat (kewajiban membayar denda) adalah untuk menlindungi syari’at agar tiak dipermainkan dan dilanggar kehormatannya. Hikmah lainnya adalah membersihkan jiwa seorang muslim dengan menebus dirinya atas pelanggaran yang telah dilakukannya.

Bagi anda yang belum menunaikan kafarat puasa Ramadhan, maka kerjakanlah segera, karena tidak ada jaminan usia anda akan mencukupi untuk melakukannya di lain waktu. Mungkin anda bisa menyembunyikan perbuatan anda dari manusia, tapi hal itu tidak akan bisa anda lakukan kepada Allah Yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui.

“Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada, dan sertailah kesalahan dengan kebaikan niscaya kebaikan itu akan menghapus kesalahn dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik.” (hasan. HR. At Tirmidzi no. 1987)

Referensi : Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza’iri (Darul Haq : 2016)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *