Sunah-Sunah Dalam Berpakaian – Alomuslim

Sunah-Sunah Dalam Berpakaian

Sunah-Sunah Dalam Berpakaian – Diantara kegiatan yang berulang kali dilakukan oleh setiap manusia dalam sehari semalam adalah memakai dan melepas pakaian. Baik itu ketika hendak mandi, tidur atau karena hal-hal lainnya. Dalam memakai dan melepas pakaian terdapat banyak amalan sunnah yang bisa kita lakukan, yakni :

1. Pakaian Wajib Menutup Aurat

sunnah dalam berpakaian aurat

Setiap muslim dan muslimah wajib menutup aurat. Bagi laki-laki batas auratnya adalah dari pusar hingga ke lutut (termasuk paha). Seperti dalam riwayat Ibnu Abbas dan Jarhad al Aslami radhiallahu anhuma, Rasulullah ﷺ bersabda :

“Paha itu Aurat.” (HR. At Tirmidzi 2796, 2797)

Adapun bagi wanita, maka seluruh tubuhnya adalah aurat, kecuali wajah dan telapak tangannya. Termasuk aurat bagi wanita adalah rambut dan betisnya. Jika auratnya sampai terlihat oleh selain mahramnya, maka ia telah berbuat dosa. Diriwayatkan dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda :

“Ada dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat keduanya, yaitu suatu kaum yang memegang cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang, ia berjalan berlenggak-lenggok dan kepalanya dicondongkan seperti punuk unta yang condong. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium aroma surga, padahal sesungguhnya aroma surga itu dapat tercium sejauh perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim No. 2128)

2. Membaca Basmallah

sunnah dalam berpakaian basmallah

Membaca Bismillah, baik ketika melepas atau memakainya. Al Imam an Nawawi rahimahullah berkata, “bacaan basmallah itu disunnahkan untuk diucapkan dalam setiap pekerjaan.”

3. Berdo’a Sebelum Memakai Pakaian

sunnah dalam berpakaian berdoa

Yaitu dengan mengucapkan :

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

“Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dariNya tanpa daya dan kekuatan dariku.” (HR. Abu Dawud No. 4023)

4. Berdo’a Ketika Memakai Pakaian Baru

Rasulullah ﷺ apabila memakai pakaian baru baik baju gamus, sarung maupun imamah (penutup kepala), beliau mengucapkan :

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

“Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

5. Sunnahnya Mengenakan Pakaian Berwarna Putih ( Bagi laki-laki )

sunnah dalam berpakaian warna putih

Nabi ﷺ besabda :

“Pakailah pakaian berwarna putih karena warna putih itu lebih suci dan lebih baik. Serta kafanilah jenazah kalian dengan warna putih.” (HR. Ahmad No. 5, 10, 13, 17, 19, An Nasa’i IV/34, VIII/203, At Tirmidzi No. 2810, Ibnu Majah No. 3567, Al Hakim IV/185)

6. Memulai Dengan Yang Kanan Saat Mengenakan Pakaian

Anjuran ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwasanya Nabi ﷺ bersabda :

“Jika kalian mengenakan pakaian dan apabila kalian berwudhu, maka mulailah dari bagian kanan anggota tubuhmu.” (HR. Abu Dawud No. 4141, At Tirmidzi N0. 1766, Ibnu Majah No. 402 dan Ibnu Khuzaimah No. 3567)

Dalam riwayat lainnya ia berkata :

“Rasulullah apabila memakai baju gamisnya, beliau memulai dari sebelah kanan.” (HR. At Tirmidzi No. 1765)

Baca Juga : Cara Berpakaian Sesuai Syariat Islam

7. Ketika Melepaskan Pakaian Dimulai Dari Yang Kiri

Anjuran ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwasanya Nabi ﷺ bersabda :

“Apabila salah seorang dari kalian memakai sandal, hendaknya ia memulainya dengan kaki kanan dan ketika melepas memulainya dengan kaki kiri, serta hendaknya ia memakai kedua-duanya atau melepas kedua-duanya.” (HR. Bukhari No. 5856, Muslim No. 2097, Abu Dawud No. 4139, At Tirmidzi No. 1799 dan Ibnu Majah No. 3616)

Hadits ini diqiyaskan dengan menyamakan antara memakai sandal dengan berpakaian dan banyak pekerjaan lainnya.

8. Laki-Laki Dilarang Berpenampilan Seperti Wanita Dan Juga Sebaliknya

Larangan ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari shahabat Abdullah bin Abbas radhiallahu anhu, ia berkata :

“Rasulullah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan melaknat wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Bukhari 5885,6834 dan At Tirmidzi No. 2784)

Wallahu ‘alam

Referensi : Kupas Tuntas 1000 Amalan Sunnah Sehari-hari, Syaikh Khalid al Husainan (Media Tarbiyah : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *