Sunnah-Sunnah Ketika Makan

Sunnah-Sunnah Ketika Makan – Makan merupakan rutinitas yang selalu dilakukan oleh setiap manusia. Sebagai bentuk kesempurnaannya, agama Islam telah mengajarkan tentang adab ketika makan. Beberapa sunnah yang perlu diperhatikan sebelum dan saat makan diantaranya :

1. Mencuci Tangan Sebelum Makan

sunnah-sunnah ketika makan mencuci tangan sebelum makan

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, disebutkan :

“Apabila Rasulullah hendak tidur sedangkan beliau dalam keadaan junub, maka beliau berwudhu terlebih dahulu. Dan jika hendak makan, maka beliau mencuci kedua tangannya terlebih dahulu.” (HR. An Nasa’i 1/50, Ahmad VI/118-119)

2. Membaca Bismillah, Makan Dengan Tangan Kanan Dan Mengambil Yang Terdekat

sunnah-sunnah ketika makan membaca bismillah

Sunnah-sunnah tersebut terdapat di dalam satu hadits yang diriwayatkan dari sahabat ‘Amr bin Abi Salamah radhiallahu ‘anhu bahwasanya Nabi ﷺ pernah bersabda kepadanya :

“Wahai anak muda, sebutlah nama Allah (ucapkan Bismillah), dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah dari yang terdekatmu.” (HR. Bukhari No. 5376, Muslim No. 2022)

3. Membersihkan Makanan Yang Jatuh, Lalu Memakannya

sunnah-sunnah ketika makan membersihkan makanan yang jatuh

Apabila makanan yang akan atau sedang dimakan kemudian terjatuh di lantai, hendaklah ia membersihkan kotorannya kemudian ia makan. Karena apabila ia membiarkannya maka makanan tersebut akan dimakan oleh setan dan Rasulullah ﷺ telah memperingatinya, sebagaimana sabda Beliau ﷺ, :

“Jika makanan salah seorang dari kalian jatuh, maka pungut dan bersihkanlah kotoran yang melekat lalu makanlah, jangan biarkan ia dimakan setan.” (HR. Muslim No. 2034)

Imam An Nawawi rahimahullahu dalam menjelaskan hadits tersebut, beliau berkata : Dalam hadits ini terdapat beberapa sunnah dalam makanan, diantaranya anjuran memakan sesuatu yang jatuh setelah membersihkannya dari kotoran. Tentunya apabila tidak jatuh di tempat yang najis. Apabila terkena najis, maka harus mencucinya, jika mungkin. Jika tidak bisa, maka bisa ia berikan kepada ternak seupaya jangan sampai dibiarkan dan ditinggalkan untuk diambil setan.”

4. Makan Dengan Tiga Jari

sunnah-sunnah ketika makan makan dengan tiga jari

Hal ini berdasarkan riwayat dari sahabat Ka’ab bin Malik radhiallhu anhu, ia berkata, :

“Adalah Rasulullah menyantap makannya dengan tiga jari beliau, dan beliau menjilati jemarinya sebelum mencucinya.” (HR. Muslim No. 2032)

Imam An Nawawi rahimahullahu menjelaskan tentang hadits tersebut, beliau berkata : “..Disukai menyantap makanan denga tiga jari dan tidak menggunakan empat atau lima jari, kecuali ada udzur seperti jika makanannya berkuah atau sebab lainnya yang tidak memungkinkan menggunakan tiga jari.”

5. Posisi Duduk Ketika Makan

sunnah-sunnah ketika makan posisi duduk

Duduk yang disunnahkan ketika makan adalah duduk berlutut dengan melipat kedua lutut (di depan dada), dan kedua telapak kaki (berada di depan paha). Atau dengan menegakkan kaki kanan dan duduk di atas kaki kiri. Seperti yang disebutkan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar rahimahullahu dalam kitabnya Fathul Baari.

Sementara Nabi ﷺ melarang duduk sambil bersandar ketika makan, berdasarkan hadits dari Abu Juhaifah, ia berkata, Nabi ﷺ bersabda, :

“Sesungguhnya aku tidak makan sambil bersandar.” (HR. Bukhari No. 5398, 5399)

Setelah kita memahami sunnah sebelum dan saat makan yang telah dicontohkan oleh baginda Nabi ﷺ, alangkah baiknya kita menirukannya dalam keseharian kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah ﷻ.

Referensi : 1000 Amalan Sunnah Sehari-hari, Khalid Al Husainan (Media Tarbiyah : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *